Biden Kucurkan Rp 1,4 T untuk Pererat Kemitraan dengan ASEAN


153 view
Biden Kucurkan Rp 1,4 T untuk Pererat Kemitraan dengan ASEAN
Foto: Twitter Presiden Biden @Potus
KTT ASEAN: Presiden AS Joe Biden mengikuti KTT ASEAN yang digelar secara virtual, Rabu (27/10).
Washington DC (SIB)
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menegaskan komitmen AS untuk mempererat kemitraan dengan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Biden juga mengumumkan pemberian dana sebesar US$ 102 juta (Rp 1,4 triliun) bagi ASEAN untuk mendukung komitmen tersebut.

Penegasan itu disampaikan Biden setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN secara virtual, pekan ini. Demikian seperti disampaikan dalam rilis Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Indonesia, Rabu (27/10).

"Presiden Biden mengumumkan Amerika Serikat bermaksud untuk memberikan hingga 102 juta dolar dalam bentuk inisiatif baru untuk memperluas Kemitraan Strategis AS-ASEAN guna mendukung pemulihan kawasan dari Covid-19, mengatasi krisis iklim, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengembangkan sumber daya manusia," demikian seperti disampaikan dalam keterangan pers Kedubes AS.

Disebutkan juga bahwa Biden menyoroti upaya baru untuk memperluas kerja sama tingkat tinggi AS-ASEAN dalam bidang kesehatan, iklim, energi, transportasi, dan pemberdayaan gender. Tidak hanya itu, Biden juga menegaskan kembali komitmen AS untuk mengakhiri pandemi virus Corona dan membangun kembali dengan lebih baik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pandemi di masa depan.

"Termasuk menyediakan lebih dari 40 juta dosis vaksin dan lebih dari 200 juta dolar dalam bentuk bantuan kesehatan dan kemanusiaan darurat untuk negara-negara anggota ASEAN untuk memerangi Covid-19," sebut Kedubes AS dalam keterangan persnya.

Tidak lupa, Biden juga menyinggung soal situasi terkini di Myanmar, atau yang disebut AS sebagai Burma. Biden mendukung upaya-upaya ASEAN dalam mengatasi krisis di Myanmar. "Ia juga menyatakan keprihatinan mendalam terkait kudeta militer dan kekerasan mengerikan di Burma dan meminta rezim militer Burma agar segera mengakhiri kekerasan, membebaskan mereka yang ditahan secara tidak adil, dan memulihkan jalan Burma menuju demokrasi," sebut keterangan pers Kedubes AS.

"Ia menyatakan dukungannya terhadap upaya ASEAN untuk meminta pertanggungjawaban rezim militer Burma terhadap Lima Poin Konsensus," ungkap keterangan pers tersebut. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com