Jumat Agung, Presiden Jokowi: Akan ada Kemudahan di Balik Pengorbanan

Buka Hati Peduli pada Sesama


126 view
Foto: Biro Setpres
UCAPKAN: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Jumat Agung bagi seluruh umat kristiani di Indonesia dan meminta seluruh umat kristiani bersemangat menjalani kehidupan, Jumat (2/4).
Jakarta (SIB)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Jumat Agung bagi seluruh umat kristiani di Indonesia. Jokowi meminta seluruh umat kristiani bersemangat menjalani kehidupan.

Jokowi mengunggah foto dengan tulisan 'Selamat Memperingati Hari Jumat Agung, Presiden Joko Widodo'. Dalam caption foto itu, Jokowi bicara tentang kehidupan.

"Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan," ucap Jokowi melalui akun Twitter pribadinya seperti dilihat, Jumat (2/4).

Hari Jumat Agung jatuh pada Jumat (2/4). Umat kristiani melaksanakan ibadat Jumat Agung, yang masuk dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2021.

Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan.
PEDULI SESAMA
Terpisah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengucapkan selamat Hari Jumat Agung kepada seluruh umat Nasrani. Dia berpesan agar momen ini digunakan untuk saling membuka hati dan peduli terhadap sesama.

"Selamat memperingati hari Jumat Agung kepada saudaraku umat Nasrani di seluruh Indonesia. Mari membuka hati dan peduli kepada sesama. Nilai ini sangat penting, terlebih di tengah pandemi yang sudah lebih setahun ini mendera bangsa. Kepedulian ibarat pupuk agar iman tidak mati, dan itu bagian dari makna dan bentuk pertobatan," ucap Yaqut dalam keterangannya, Jumat (2/4).

"Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri," sambungnya.

Umat Nasrani tengah memperingati Trihari Paskah atau Trihari Suci. Momen ini diawali dengan Kamis Putih, Jumat Agung, dan diakhiri dengan Minggu Paskah.

Yaqut mengimbau agar perayaan Paskah nantinya tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Yaqut menyebut disiplin penerapan protokol kesehatan merupakan bagian dari pengorbanan untuk bersama-sama menjaga diri, keluarga, dan masyarakat agar tidak tertular Covid-19.

"Mari doakan bersama agar pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi sehingga umat bisa kembali dalam kehidupan normalnya," ujar Yaqut.

AMAN BERIBADAH
Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Gereja Katedral Jakarta. Marsekal Hadi hendak memastikan keamanan di Gereja.

Pantauan di lokasi, Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran datang ke Gereja Kaderal Jakarta, lebih dulu sekitar pukul 19.20 WIB. Dudung dan Fadil disambut Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo dan pengurus Gereja Katedral Jakarta.

Jelang 40 menit kemudian, Marsekal Hadi bersama Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw datang ke Gereja Katedral. Hadi pun berbincang dengan uskup agung dan memastikan personel TNI-Polri siap mengamankan hari raya Paskah.

"Sesuai dengan perintah bapak Presiden bahwa jajaran TNI dan Polri untuk meningkatkan kewaspadaan dan memberikan keyakinan serta rasa aman kepada masyarakat untuk beraktivitas, baik beraktivitas ibadah maupun aktivitas sehari-hari. Untuk itu, TNI dan Polri menggelar kekuatan di titik-titik terpilih di seluruh Indonesia mulai malam hari ini, baik di gereja, di tempat-tempat keramaian, maupun di objek vital nasional," kata Marsekal Hadi, Kamis (1/4).

Hadi menambahkan 5.590 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan DKI Jakarta. Beberapa titik yang dianggap rawan diperketat pengamanannya.

"Dan kegiatan itu akan dilaksanakan secara terpilih dan terus menerus. Kemudian dari intelijen TNI dan Polri, terus berkoordinasi untuk melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya kerawanan," jelasnya.

Sementara itu juru bicara Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Jakarta, Susyana Suwadie berterima kasih atas bantuan pengamanan yang diberikan TNI-Polri ini. (Detikcom/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com