Bulog Sumut Luncurkan Beras Merek Andaliman dan Danau Toba

* Harga Jual Rp 71.000 dan Rp 66.000/ 5 Kg

602 view
Bulog Sumut Luncurkan Beras Merek Andaliman dan Danau Toba
Ist/mistar
Beras premium produksi lokal merek Andaliman dan Danu Toba yang diproduksi oleh Perum Bulog Kanwil Sumut. 
Medan (SIB)
Enam nama yang menunjukan ciri khas Sumatera Utara yang dijadikan merek beras Bulog di provinsi ini yakni Andaliman, Horas, Danau Toba, Ulos, Bukit Barisan dan Kuala. Namun baru 2 merek yang baru diluncurkan dan dijual secara online yakni Andaliman dan DanauToba.

"Enam merek beras itu sudah dilaunching saat HUT ke 53 Bulog di Medan tanggal 11 Mei 2020 di Kantor Bulog Jalan Gatot Subroto Medan, namun baru 2 jenis merek yang diluncurkan awal Oktober ini," ungkap Pemimpin Wilayah Perum Bulog Sumut Arwakhudin Widiarso, Sabtu (17/10).

Ia menyebutkan, kedua jenis merek beras itu dijual melalui toko online iPangananDotCom yang ada di Shopee dengan harga Rp71.000 per 5 kg untuk merek Andaliman dan Rp66.000 juga per 5 Kg merek Danau Toba

Kedua jenis beras premium itu dalam kemasan plastik vacuum 5 kilogram sudah termasuk ongkos kirim. Tapi pengiriman yang dilayani masih radius Kota Medan. Katanya, beras ini juga akan dipasarkan secara masif melalui jaringan agen pangan Bulog mulai dari Sahabat RPK (Rumah Pangan Kita), kedai, warung dan toko binaan Bulog lainnya.

Beras produksi Bulog tersebut merupakan beras pengadaan dalam negeri yang dibeli dari petani atau pengepul dan kilang padi mitra Bulog Sumut.

Menyinggung 6 merek beras itu, sebut pria disapa Wiwied, menunjukkan nama-nama yang ada di daerah kita Sumut. Andaliman (sejenis rempah-rempah untuk bumbu makanan Raja-raja Batak), Danau Toba yakni danau di Sumut, Bukit Barisan (nama daerah pegunungan yang membentang sepanjang Sumut), Horas kita (ucapan khas suku Batak), Ulos (ciri khas tenunan milik orang Batak) dan dua Kuala (2 tempat di Sumut).

"Nama-nama merek beras itu agar lebih familiar dan lebih khas dan menunjukkan nama-nama yang ada di daerah kita Sumut," ungkapnya.

Diakuinya, saat ini belum semua jenis beras tersebut diproduksi, karena masih tahap dan proses untuk memberikan beras yang baik dan berkualitas.

Dia berharap, pihaknya ke depan sudah dapat memproduksi semua jenis merek beras tersebut dan memperkenalkannya kepada warga Sumut. Kini baru dua jenis merek sudah diluncurkan, imbuhnya. (M2/c)
Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com