Bus Tertimpa Longsor Saat Melintas Jalur Padang-Solok, 1 Tewas


180 view
Padang (SIB)- Satu bus, truk dan mobil tertimpa longsor saat melintas di Jalur Lintas Sumatera, Padang-Solok. Bus itu terperosok ke jurang dan membuat 1 orang tewas.

Tanah longsor itu terjadi pada Jumat (14/12) dini hari. Kejadian itu menimbulkan 1 orang meninggal dunia, 1 koma dan 3 lainnya luka.

"Seluruh korban sudah berhasil dievakuasi. Korban yang meninggal dan luka-luka sudah dibawa ke rumah sakit terdekat," kata Suran Hendra dari BPBD Kota Padang.

Menurut Sutan, seluruh penumpang bus PO Family Raya berhasil menyelamatkan diri dan sudah dievakuasi. Ia mengatakan tanah longsor menutup akses jalan dengan panjang longsoran sekitar 30 meter dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Jalur Lintas Sumatera ini merupakan penghubung Padang-Solok atau dari Provinsi Sumbar menuju Jambi. Jalan ini juga menjadi salah satu lokasi pengalihan jalur Padang-Bukittinggi yang terganggu akibat jembatan ambruk.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, Kiki Warlansyah, mengatakan petugas saat ini fokus membersihkan badan jalan agar bisa dilalui.
"Kalau cuaca bagus seperti sekarang, mudah-mudahan bisa ditangani dalam satu jam ke depan," kata Kiki saat dimintai konfirmasi terpisah.

Padang Terisolir
Longsor yang menutup jalur Padang-Solok membuat pengguna jalan yang hendak bepergian ke luar Kota Padang semakin merana, karena longsor mengepung di mana-mana. Satu-satunya jalur yang kini relatif aman untuk dilalui jika bepergian dari Padang menuju Bukittinggi adalah melalui Sicincin-Malalak.
Jalur Padang-Solok merupakan Jalan Lintas Sumatera ini penghubung Provinsi Sumbar menuju Jambi.

Menurut Rumainur, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat, sejak jalur Padang-Bukittinggi terganggu akibat jembatan ambruk, jalur Padang-Solok menjadi pilihan banyak pengendara, karena memang hanya ada dua pilihan. Melewati jalur ini, atau melalui Sicincin-Malalak.

Meski lebih jauh, Padang-Solok banyak dipilih, karena kondisi jalan yang lebar.

"Namun pengendara juga harus waspada, karena Padang-Solok juga termasuk kawasan rawan longsor," kata Rumainur.

Dalam tiga hari terakhir, jalur Padang-Solok mengalami gangguan akibat truk pengangkut CPO terbalik, sehingga menumpahkan seluruh isi truk dan membuat jalan sangat berbahaya untuk dilalui.

Beberapa jam setelah berhasil ditangani dan kendaraan bisa lewat, giliran longsor yang menimbun badan jalan. (detikcom/h)
Penulis
: admin
Editor
: admin
Tag: 1 Tewas
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com