Calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Menang Suara di Sinode HKBP Distrik X Medan-Aceh

* Dinilai Kemenangan Proses Pembaharuan HKBP

2.384 view
Calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Menang Suara di Sinode HKBP Distrik X Medan-Aceh
Foto SIB/ Horas Pasaribu
TIM SEREP MARHOBAS: Tim “Serep Marhobas” terdiri dari pendeta dan non pendeta peserta Sinode HKBP Distrik X Medan-Aceh berkumpul bersama di halaman gereja HKBP Jalan Pelajar Medan, usai berakhirnya Sinode Distrik, Kamis (10/9). Tampak hadir calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar, Anggota DPRD SU, Parlaungan Simangunsong, Kordinator Nasional Serep Marhobas, Pdt Hendry Napitupulu, Dr Marolop Hutagaol, Ronald Naibaho, Jadi Pane dan lainnya. 
Medan (SIB)
Pdt Dr Robinson Butarbutar yang disebut-sebut sebagai salah seorang calon Ephorus HKBP 2020-2024 menang perolehan suara 76 berbanding 4 pada Sinode HKBP Distrik X Medan-Aceh yang berakhir, Kamis (10/9) di Wisma Griya Permata Jalan Pelajar, Medan.

Ini adalah Sinode Distrik terakhir dari 32 Distrik di HKBP, pelaksanaannya sempat tertunda karena ada pendeta yang terpapar Covid-19.

Peserta Sinode Distrik X ini sebanyak 212 orang terdiri dari pendeta dan non pendeta yang datang dari 67 resort yang ada di bawah naungan Distrik X Medan-Aceh. Kegiatan ini memilih 5 calon Praeses dan 80 utusan Sinode Godang, Oktober 2020 mendatang.

Distrik X diberi porsi 80 orang, utusan Sinode Godang yang terdiri dari 40 dari unsur pendeta, 40 unsur non pendeta (sintua dan jemaat).

Selain itu sinode ini juga memilih 2 orang anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS), 10 orang anggota Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD), 3 orang anggota Badan Audit dan 2 orang panitia Sinode Godang. Semuanya ada dari unsur pendeta dan non pendeta.

Kordinator nasional tim “Serep Marhobas” pendukung Pdt Dr Robinson Butarbutar, Pdt Henry Napitupulu MTh kepada wartawan mengatakan, dalam Sinode Distrik ini belum memilih Ephorus dan pimpinan lainnya, semuanya akan dipilih pada Sinode Godang.

Tapi, 80 orang yang terpilih pada Sinode Distrik, merekalah yang menjadi peserta Sinode Godang bersama utusan Distrik lainnya.

“Dari 80 orang yang terpilih menjadi utusan Sinode Godang, 76 adalah tim dari Serep Marhobas pendukung calon Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar (RBB). Maka tidak salah kalau dikatakan, pada Sinode Distrik X ini, Calon Ephorus RBB menang mutlak. Meski tidak sapu bersih, tapi kami gembira, Sinode Distrik X sebagai resort yang terbanyak, RBB menang mutlak. Kerinduan kami RBB bisa menjadi Ephorus dengan visi dan misinya transformasi HKBP ke depan,” kata Pdt Hendry Napitupulu.

Hasil ini kata Henry Napitupulu melengkapi kemenangan Serep Marhobas, sekitar 789 suara yang sudah dikumpulkan dari 1097 peserta Sinode Godang. Dengan hasil mutlak itu menunjukkan kepercayaan peserta Sinode sangat besar untuk mendukung RBB memimpin HKBP 4 tahun ke depan (2020-2024). Hasil ini adalah untuk pembaharuan HKBP ke depan.

“Dari 32 Distrik, sekitar 28 Distrik kantong-kantong suara “Serep Marhobas” yang merindukan RBB jadi Ephorus. Ini adalah kemenangan yang luar biasa, kalau boleh pada Sinode Godang dilakukan secara aklamasi saja. Itu nanti akan kami sampaikan kepada Ephorus, panitia dan sinodestan lainnya. Karena ini sudah mutlak, dari 1097 peserta, RBB sudah mendapat dukungan 789 suara. Dengan posisi ini sudah cocok aklamasi, karena akan sangat menghemat daripada lewat penghitungan suara,” tuturnya.

Ia bersyukur Sinode Distrik X berjalan dengan baik. Itu adalah amanah peraturan HKBP tahun periode ini, pelayanan Ompui Ephorus dan seluruh pelayanan di HKBP periode 2016-2020 jadi kemuliaan bagi Tuhan Yesus sang Raja Gereja. Untuk tahun 2020-2024 diawali dengan Sinode Godang, itu adalah proses pembaharuan HKBP ke depan.

“Kami berterima kasih kepada Praeses Distrik X Pdt Sunggul P Sirait dan seluruh panitia, perangkat distrik, MPSD dan seluruh stakeholder yang ada di jajaran distrik. Karena semuanya berjalan dengan baik, meski pelaksanaannya dari pagi hingga pagi dan penutupan malam hari, tapi semua sehat-sehat,” ungkapnya.

Ungkapan senada juga disampaikan tim Serep Marhobas lainnya, Jadi Pane SPd. Dia mengapresiasi kinerja Praeses yang sukses melaksanakan Sinode dengan protokol kesehatan yang ketat, lengkap dengan petugas kesehatan. Utusan Sinode dari gereja HKBP Teladan Drs Godfried Lubis MM juga mengapresiasi Praeses yang sukses melaksanakan Sinode. “Sinode ini berjalan dengan baik karena kita adalah HKBP, semua peserta terlibat menyukseskan Sinode ini,” tuturnya.

Kordinator keamanan panitia, Dr Marolop Hutagaol MPd mengatakan, walaupun sempat diundur ternyata berlangsung sangat kondusif, aman, tertib, terkendali.”Itu berkat kasih karunia Tuhan bahwa 2 hari bersinode banyak yang tidak tidur tapi semua sehat,” ucap calon Kadep Diakonia dari non Pendeta ini. (M10/c)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com