Berkaitan dengan KLB Partai Demokrat di Deliserdang

DPP Batalkan Konferda DPD GAMKI Sumut

* Landen Marbun: SK DPP Sewenang-wenang

437 view
DPP Batalkan Konferda DPD GAMKI Sumut
(istimewa/dok)
Logo GAMKI. 
Medan (SIB)
Agenda Konferensi Daerah (Konferda) Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD-GAMKI) Sumut yang seyogianya digelar Jumat - Minggu (26-28/3) di GOR Sibolga batal dilaksanakan. Batalnya Konferda ini disebabkan adanya surat edaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI yang ditandatangani Ketua Umum Willem Wandik dan Sekum Sahat Martin P Sinurat, Rabu (24/3). SK Nomor 110695/SU-GAMKI/INT/B/III/2021 tersebut memuat tentang penelusuran tim pencari fakta adanya pencatutan nama GAMKI pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat beberapa waktu lalu di Sibolangit, Deliserdang.

Pada surat keputusan tersebut memutuskan serta menetapkan, menghentikan sementara semua aktifitas ke dalam dan luar DPD GAMKI Sumut. Dengan dikeluarkannya surat keputusan tersebut agenda organisasi Konferda GAMKI Sumut jadi batal digelar.
Dalam SK DPP GAMKI juga disebutkan, tim pencari fakta organisasi GAMKI telah bekerja dan menemukan informasi dan fakta yang berkaitan dengan dugaan pencatutan nama GAMKI pada persiapan hingga pelaksanaan kegiatan parpol tersebut.

Maka, untuk memastikan proses penelusuran fakta yang dilaksanakan tim berjalan objektif, efektif dan efisien, maka aktifitas kepengurusan DPD GAMKI Sumut dihentikan sementara. Sebagai penegasan penghentian kegiatan tersebut maka DPP GAMKI menyatakannya dalam bentuk surat keputusan.

SEWENANG-WENANG
Menanggapi SK DPP GAMKI tersebut, Ketua DPD GAMKI Sumut Landen Marbun mengatakan, keputusan DPP dikeluarkan tanpa adanya alasan hukum, hanya berdasarkan asumsi. SK dikeluarkan dengan pendekatan kesewenang-wenangan dan kekuasaan belaka. Tidak ada peristiwa hukum (rechtfeit) yang menghubungkan antara konsideran menimbang dengan diktum menetapkan.

Menurut dia, GAMKI adalah organisasi independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik maupun organisasi manapun.
Dia menilai DPP GAMKI mengeluarkan sebuah keputusan yang sangat tendensius, bahkan mengarah pada politik praktis untuk memenuhi keinginan partai politik tertentu. Alasan DPP tidak benar karena saat ini GAMKI Sumut tidak pernah dimintakan klarifikasi akan isu liar dimaksud.

“Bahwa DPP GAMKI sendiri secara kelembagaan sudah menyatakan dengan tegas tidak terlibat dalam polemik partai politik yang dinyatakan dengan Surat Nomor : 110664/SU-GAMKI/INT/B/III/2021 namun tetap menerbitkan SK DPP GAMKI Nomor : 110694/SU-GAMKI/INT/K/III/2021 menghentikan sementara aktivitas kepengurusan DPD-GAMKI Sumut. Ini menunjukkan ketidakkonsistenan DPP dan cenderung tendensius. DPD GAMKI Sumut menyatakan dengan tegas tidak terlibat secara organisasi dengan polemik internal suatu partai politik dimaksud,” tegas Landen.

Dikatakannya, keputusan DPP menghentikan aktivitas ke dalam dan ke luar kepengurusan DPD GAMKI Sumut tidak memiliki alasan hukum yang dapat dibuktikan kebenarannya dan sangat disayangkan. Tapi Landen mengimbau seluruh kader untuk menjaga kesolidan dan kondusifitas setelah terbitnya SK DPP tersebut serta menyikapinya dengan bijak.

“Sebagai tingkatan tertinggi organisasi, kita akan mematuhi Keputusan DPP sembari meminta klarifikasi kepada DPP terkait alasan terbitnya SK dimaksud yang telah melukai perjuangan rekan-rekan DPD GAMKI Sumut sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Anggaran Dasar GAMKI, yaitu terpanggil untuk menyatakan kasih Allah melalui persekutuan, kesaksian dan pelayanan di tengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia,” tuturnya.

Sementara, ketua panitia Konferda Derman P Nababan SH MH menyayangkan keputusan DPP yang menghentikan sementara kegiatan DPD GAMKI Sumut sehingga tertundanya pelaksanaan konferda. Tapi sebagai kader yang baik, dia mematuhi keputusan dari pengurus organisasi tertinggi, yakni DPP. Tapi dia menyarankan, jika DPP sudah memperbolehkan kembali DPD melakukan kegiatan, sebaiknya DPP saja yang melaksanakan konferda. “Kita istirahat sajalah dulu, sudah letih kita menyiapkan persiapan konferda tapi tertunda,” tegasnya. (A8/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com