Kamis, 25 Juli 2024

DPR akan Dorong Isu Perempuan di Sidang Parlemen ASEAN di Jakarta

Redaksi - Sabtu, 29 Juli 2023 10:40 WIB
241 view
DPR akan Dorong Isu Perempuan di Sidang Parlemen ASEAN di Jakarta
(Foto: Antara)
Ketua DPR, Puan Maharani akan mendorong isu kesetaraan gender dalam Sidang Utama Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).
Jakarta (SIB)
Ketua DPR RI Puan Maharani akan mendorong isu kesetaraan gender dalam Sidang Utama Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). Dia menekankan pentingnya memberikan porsi kepada kaum perempuan untuk berkecimpung di segala bidang.
"Perlunya kesadaran persamaan akses dan peran bagi laki-laki maupun perempuan. Atas dasar prinsip persamaan derajat, dalam semua wilayah dan tataran kehidupan publik. Terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan, termasuk dalam dunia politik," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/7).
Untuk diketahui, DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang Umum AIPA ke-44 yang pelaksanaannya digelar di Jakarta pada 5-11 Agustus mendatang. Sidang Umum AIPA merupakan salah satu puncak keketuaan DPR RI di AIPA pada 2023, sejalan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.
Adapun DPR RI mengusung tema 'Responsive Parliaments for A Stable and Prosperous ASEAN' atau 'Parlemen yang Responsif untuk ASEAN yang Stabil dan Sejahtera' pada AIPA General Assembly ke-44.
DPR telah menghelat sejumlah rangkaian acara pra-Sidang Umum AIPA. Salah satunya adalah Sidang Coordinating Committee of Women Parliamentarians of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (WAIPA) atau Komite untuk Perempuan Parlemen AIPA yang digelar di Padang, Sumatera Barat, bulan Juni lalu.
Sidang WAIPA kali ini mengambil tema 'Enhancing ASEAN Resilience through Women Leadership and Gender-Responsive Parliament'. Melalui WAIPA, negara-negara ASEAN berupaya merangkum komitmen bersama yang lebih inklusif dan tangguh untuk kelompok perempuan.
WAIPA juga mempromosikan kepemimpinan perempuan, memberdayakan pengusaha perempuan, memperkuat undang-undang yang responsif gender, dan mengatasi kekerasan berbasis gender. Di sidang WAIPA ini, DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) mengangkat isu perumusan topik kesetaraan gender untuk memperjuangkan porsi keterlibatan perempuan dalam politik.
"DPR RI mendorong keterlibatan 30 persen perempuan di parlemen ASEAN. Rumusan yang digagas pada sidang WAIPA tersebut akan kita bawa ke Sidang Umum AIPA nanti untuk bisa dijadikan sebagai resolusi bersama agar tercipta kebijaman afirmatif bagi perempuan," jelas Puan.
"Perjuangan kesetaraan gender ini adalah perjuangan bersama. Dengan melibatkan perempuan dalam pengambilan keputusan, itu menjadi salah satu langkah nyata dalam mendorong kesetaraan gender di tingkat ASEAN," lanjutnya.
Puan pun mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang terus mengedepankan kesetaraan gender. Hal tersebut terlihat dari banyaknya posisi penting yang diisi oleh perempuan, bahkan juga kadang proses pengambilan keputusan dilakukan oleh kaum hawa. (detikcom/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Basket Putri 3X3 Indonesia Cetak Sejarah Juara Pertama Kali AUG 2024
1 Juni 2025 SIM Indonesia Bisa Dipakai di Negara ASEAN
Indonesia Peringkat Kedua ASEAN Schools Games 2024 di Vietnam
Jaksa Agung Ungkap Pentingnya Bentuk Badan Kejaksaan se-ASEAN
Indonesia Beri Hibah Rp 6,5 M ke Laos untuk Dukung Keketuaan ASEAN 2024
Puan Maharani: Partai Pemenang Pileg Berhak Jadi Ketua DPR RI
komentar
beritaTerbaru