DPRD SU: Kerusakan Jalan di Sumut Semakin Parah, Pemprov Harus Lakukan Langkah Khusus

* Dari 3.005 Km Panjang Jalan Provinsi di Sumut, 1.001 Km dalam Kondisi “Babak-belur”

253 view
DPRD SU: Kerusakan Jalan di Sumut Semakin Parah, Pemprov Harus Lakukan Langkah Khusus
Foto Dok
Mangapul Purba

Medan (SIB)

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba menegaskan, kerusakan jalan provinsi di Sumut sudah semakin hari semakin parah, sehingga Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut harus melakukan langkah khusus untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut, dengan menambah alokasi anggarannya di APBD Sumut.


"Kita tahu bersama, APBD Sumut TA 2022 sudah dalam tahapan penyelesaian pembahasan, dari seluruh rangkaian pembicaraan yang paling mengemuka masalah sektor infrastruktur jalan dan jembatan yang sudah masuk kategori darurat dan harus segera dilakukan perbaikan," ujar Mangapul Purba kepada wartawan, Jumat (26/11) di DPRD Sumut.


Sebab, tambah Mangapul, dari 3.005 Km panjang jalan provinsi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumut, diketahui sepanjang 1.001 Km dalam kondisi "babak-belur" alias rusak parah. Padahal kemampuan anggaran untuk infrastruktur jalan ini hanya Rp1 triliun.


"Dengan rencana anggaran hanya sebesar Rp1 triliun di APBD 2022, hanya mampu menangani jalan rusak sepanjang 80 Km. Sementara yang mengalami kerusakan sesuai pemetaan, ada sepanjang 30 persen dari ruas yang ditangani atau setara dengan 1.001 km," katanya.


Berkaitan dengan itu, tandas Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut itu, untuk mencapai infrastruktur jalan yang baik, dengan hanya mengandalkan anggaran Rp1 triliun tidak memungkinkan, sehingga diperlukan adanya terobosan khusus dari Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK Sumut.


Yang paling miris, tambah Mangapul, dengan alokasi anggaran yang sedikit itupun pelaksanaanya baru bisa dimulai pada Juli 2022. Padahal kondisi jalan saat ini sudah benar-benar hancur dan dibutuhkan penanganan secara cepat


Oleh karena itu, anggota dewan Dapil Pematangsiantar dan Simalungun ini sangat berharap, agar Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK Sumut harus secepatnya melakukan upaya-upaya maupun berbagai terobosan untuk memecahkan persoalan ini, karena kalau dibiarkan, dipastikan tiga bulan ke depan, kerusakan jalan semakin luar biasa parahnya.


“Kita meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Dinas BMBK Sumut untuk melakukan segala upaya, agar kerusakan infrastruktur jalan ini bisa tertangani sesegera mungkin, agar masyarakat bisa nyaman dalam melaksanakan aktifitas perekonomiannya," lanjut Mangapul.


Politisi vokal ini masih yakin dengan langkah-langkah koordinasi yang dilakukan Pemprov Sumut dengan DPRD Sumut, baik vertikal maupun horizontal dalam rangkaian kerja sama mencari solusi terhadap kerusakan infrastruktur jalan provinsi dengan terus melakukan berbagai upaya penanganannya. (A4/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com