DPRD SU: PDAM Tirtanadi Tak Berinovasi, Penyertaan Modal Rp73 M 4 Tahun Parkir di Bank

* PDAM Tirtanadi Akui Dana Penyertaan Modal Bersama Bunganya Masih Utuh di Bank

168 view
Foto Dok
Ebenejer Sitorus SE
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Ebenejer Sitorus SE mengaku sangat kecewa melihat kinerja PDAM Tirtanadi Sumut, karena tidak bisa berinovasi membangun proyek-proyek air minum berskala besar, sehingga sudah empat tahun dana penyertaan modal dari APBD Sumut TA 2017 sebesar Rp73 miliar masih "diparkirkan" di bank.

"Kita tahu ketersediaan air bersih di PDAM Tirtanadi terus berkurang, sehingga kerap dikeluhkan pelanggan. Bahkan untuk mandi dan mencuci masyarakat terpaksa beli air, karena ketersediaan air bersih terbatas," tandas Ebenejer Sitorus kepada wartawan, Rabu (28/4) di DPRD Sumut.

Padahal, tambah politisi Partai Hanura ini, Banggar DPRD Sumut dan Pemprov Sumut telah berusaha maksimal merealisasikan penyertaan modal ke PDAM Tirtanadi dari APBD Sumut TA 2017 sebesar Rp73 miliar. Tapi untuk dana sebesar itu pun perusahaan air minum tersebut bingung menggunakannya, sehingga sudah empat tahun tetap disimpan di bank.

"Jika memang dana penyertaan modal tersebut tidak dibutuhkan atau PDAM bingung menggunakannya, sebaiknya dikembalikan ke kas Pemprov Sumut, agar dapat dipergunakan untuk program yang lebih perlu dan mendesak," tandas Ebenejer sembari mengatakan, PDAM hendaknya jangan hanya mengharapkan bunga di bank, karena tidak ada manfaatnya untuk rakyat.

Bagi masyarakat, tandas anggota dewan Dapil V Asahan dan Tanjungbalai ini, bagaimana pelayanan PDAM Tirtanadi bisa maksimal memenuhi ketersediaan air yang bersih, tidak berlumpur dan bau. Bukan mengharapkan bunga dari bank yang diduga hanya dinikmati segelintir oknum.

Berkaitan dengan itu, anggota Komisi C ini mengingatkan jajaran Direksi PDAM Tirtanadi untuk segera menggunakan dana penyertaan modal tersebut bersama bunganya dalam membangun proyek air minum, guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Sumut.

Belum Digunakan
Menanggapi sorotan dewan, Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Sumut Humakar Ritonga kepada wartawan, Rabu (28/4) melalui pesan singkat mengakui, perusahaan daerah milik Pemprov Sumut ini ada menerima dana penyertaan modal Rp73 miliar dari APBD Sumut TA 2017.

"Uang itu diterima sejak 2017 dan hingga saat ini belum ada digunakan PDAM Tirtanadi. Rencananya akan digunakan untuk upgrade Sunggal dan Deli Tua sebagai pelayanan air bersih untuk pelanggan," katanya sembari menambahkan dana penyertaan modal bersama bunganya belum ada digunakan dan masih utuh di rekening bank. (A4/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com