DPRD SU Desak BBPJN Segera Perbaiki Jalan Nasional Medan - Berastagi yang “Hancur-lebur”

* Beberapa Hari Lagi Sudah Memasuki Hari Natal, Jalur Semakin Padat dan Rawan Macet

258 view
DPRD SU Desak BBPJN Segera Perbaiki Jalan Nasional Medan - Berastagi yang “Hancur-lebur”
Foto : Ist/harianSIB.com
Frans Dante Ginting

Medan (SIB)

Anggota Komisi A DPRD Sumut Frans Dante Ginting mendesak Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Cq Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumut segera memperbaiki jalan nasional jurusan Medan - Berastagi persisnya di kawasan Desa Tiang Layar - Durin Simbelang Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang yang saat ini kondisinya "hancur-lebur".

“Jalan menuju kawasan pariwisata Kota Berastagi itu kondisinya sudah sangat parah, penuh dengan lobang, sangat tidak layak disebut jalan nasional, sebab masyarakat merasa resah saat melintasinya," tandas Frans Dante Ginting kepada wartawan, Jumat (25/11) melalui telepon di Medan, saat melintasi jalan tersebut untuk melakukan kegiatan Reses di Dapil XI (Karo, Dairi dan Pakpak Bharat).

Dari penuturan Frans Dante, akibat banyaknya lobang yang digenangi air, sejumlah kendaraan terperosok dan patah as (kendaraan jadi mogok), sehingga para pengguna jalan lain terpaksa mengurangi laju kendaraanya, dan menimbulkan kemacetan panjang.

"Untuk melintasi jalan rusak yang diperkirakan panjangnya lebih kurang 500 meter tersebut, bisa menghabiskan waktu satu jam lebih, sehingga sangat merugikan masyarakat, apalagi diketahui jalur itu merupakan salah satu jalur lalu-lintas terpadat dan sering mengalami macet sangat parah," tandas Frans Dante yang juga dikenal mantan wartawan tersebut.

Berkaitan dengan itu, mantan anggota DPRD Karo ini mendesak Kementerian PUPR Cq BBPJN Wilayah Sumut gerak cepat melakukan perbaikan, demi kenyamanan para pengguna jalan yang setiap hari merasa resah melintasi jalan nasional yang merupakan jalan lintas menuju kawasan strategis pariwisata nasional di Berastagi, Tongging maupun Sipiso-piso.

"Seperti kita ketahui, jalan nasional Medan - Berastagi ini termasuk jalur lintasan pengangkut sayur-mayur maupun buah-buahan atau pemasok utama hasil pertanian dari Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Provinsi Aceh ke Kota Medan maupun diekspor ke luar negeri, sudah selayaknya diperhatikan kondisinya, jangan dibiarkan dalam kondisi "luluh-lantak", " tegas Frans Dante.

Frans Dante yang juga politisi Partai Golkar ini berharap kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk proaktif mengingatkan BBPJN Wilayah Sumut agar memperhatikan kondisi sejumlah ruas jalan nasional yang tersebar di Sumut, agar tidak sampai seperti kondisi jalan Medan - Berastagi yang kondisinya hancur, sehingga menimbulkan kekecewaan masyarakat.

"Sudah cukup menderita masyarakat dengan suguhan kerusakan jalan setiap harinya, baik jalan provinsi maupun jalan nasional yang ada di Sumut. Kita berharap agar BBPJN segera memperbaikinya, apalagi beberapa hari lagi, kita memasuki hari Natal dan menjelang Tahun Baru, tentunya arus lalu-lintas semakin padat dan sangat rawan terjadi kemacetan. (A4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com