DPRD SU Desak BNN dan Poldasu Gelar Razia Tes Urine Sopir Angkot Secara Mendadak di Medan


208 view
DPRD SU Desak BNN dan Poldasu Gelar Razia Tes Urine Sopir Angkot Secara Mendadak di Medan
Foto Dok
HM Subandi SH
Medan (SIB)
Anggota Komisi A DPRD Sumut HM Subandi SH mendesak Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut bekerjasama dengan Poldasu untuk menggelar razia tes urine secara mendadak terhadap para sopir angkutan kota (angkot) di daerah ini, guna menghindari terjadinya kecelakaan "maut" di jalanan, gara-gara sopir memakai narkoba dan minuman keras.

Penegasan itu diungkapkan Subandi kepada wartawan, Rabu (8/12) di DPRD Sumut menanggapi terjadinya kecelakaan lalu lintas antara kereta api dan angkot di Jalan Sekip Medan Petisah dan angkot jurusan Simalingkar menabrak truk kontainer yang sedang diisi barang di kawasan Jalan AH Nasution.

"Akhir-akhir ini kerap kita dengar terjadinya kecelakaan angkot di Medan, karena sopir ugal-ugalan dan yang paling mengerikan, terjadinya kecelakaan satu unit angkot dengan kereta api. Hal ini penyebabnya tidak lain, karena sopir ugal-ugalan dan bisa saja sudah dipengaruhi narkoba dan minuman keras," ujar Subandi.

Dengan digelarnya razia tes urine secara mendadak bagi para supir angkot ini, tambah politisi Partai Gerindra Sumut ini, diharapkan bisa mencegah terjadinya kecelakaan "maut" di jalanan sekaligus mengurangi ketakutan bagi para penumpang, karena diduga para sopir ada yang mengkonsumsi narkoba maupun minuman keras.

"Kita sangat prihatin dengan peristiwa yang diduga kuat terjadi akibat ulah para supir yang ugal-ugalan karena pengaruh narkoba dan minuman keras tersebut. Begitu juga masyarakat pengguna kendaraan ikut terimbas dan takut berkendara akibat peristiwa maut seperti itu,” katanya.

Menurut Subandi, siapapun akan trauma naik angkot melihat begitu mudahnya nyawa melayang, karena perbuatan nekad dan berani menantang maut dilakukan para supir yang ugal-ugalan tersebut. Angkot sekarang sudah dijuluki masyarakat "angkutan sambar nyawa".

Untuk mengantisipasi terulangnya peristiwa serupa, Subandi mendesak BNN Sumut bekerja sama dengan Poldasu dan Dinas Perhubungan untuk menggelar razia tes urine mendadak dan intensif bagi para supir dengan menyiapkan perangkat yang lengkap di seluruh rute yang dilalui angkot di Kota Medan.

“Lakukan razia tes urine secara mendadak. Jika dalam hasil pemeriksaan menunjukkan sopir positip narkoba, ambil tindakan tegas," tandas Subandi sembari berharap dengan razia tes urine mendadak dan berkesinambungan, tidak ada lagi sopir yang ugal-ugalan dan pemakai narkoba. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com