DPRD SU Desak Dinas BMBK Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Garoga Hubungkan Taput-Toba

* Kondisi Jalan Rusak Parah, Masyarakat Sangat Menderita

246 view
DPRD SU Desak Dinas BMBK Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Garoga Hubungkan Taput-Toba
Foto Dok/Jonius Taripar P Hutabarat
Jonius Taripar P Hutabarat 
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Dapil Sumut IX wilayah Tapanuli Jonius Taripar P Hutabarat mendesak Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut untuk melanjutkan pembangunan jalan provinsi di Kecamatan Garoga - Sipahutar - Pangaribuan yang menghubungkan Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) dan Kabupaten Toba.

"Saat ini jalan provinsi yang menghubungkan beberapa kecamatan di Taput ini kondisinya rusak parah dan belum diaspal, sehingga sangat menyulitkan masyarakat melintas dan mengangkut hasil pertaniannya," tegas Jonius Taripar P Hutabarat kepada wartawan, Sabtu (26/12) menyampaikan hasil Reses I Tahun Sidang II 2020-2021 di kawasan Tapanuli.

Berdasarkan pengaduan masyarakat Kecamatan Garoga kepada Jonius Taripar, usulan perbaikan jalan tersebut sudah berulang kali disampaikan ke Dinas BMBK Sumut, tapi hingga kini belum ada realisasinya, sehingga sangat meresahkan masyarakat.

"Akibat hancur-leburnya jalan itu, masyarakat Garoga sangat menderita, karena hasil panen pertanian dan perkebunan sulit dipasarkan dan harganya juga rendah. Sementara harga-harga kebutuhan pokok tinggi, sehingga mayoritas masyarakat susah untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari," tegas politisi vokal ini.

Ditambahkan anggota Komisi A ini, jalan provinsi ini sudah hampir 50 tahun mengalami kerusakan berat dan akhir-akhir ini sudah ada perbaikan beberapa kilometer saja, kemudian tidak ada kelanjutannya, sehingga kondisinya tetap hancur dan diperkirakan sekitar 17 Km belum diaspal.

Menurut politisi Partai Perindo Sumut ini, saat ini juga kondisi badan jalan tidak memiliki rambu-rambu peringatan jalan rusak atau sekedar tanda peringatan bahaya. Bahu jalan yang tersisa juga ditutupi lumpur. Lampu penerangan jalan juga tidak ada.
"Dikhawatirkan kondisi jalan saat ini sangat membahayakan keselamatan pengendara terutama saat liburan Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan banyak dilalui kendaraan, sehingga perlu menjadi perhatian serius dari Dinas BMBK Sumut," ujar Jonius Taripar.
Berkaitan dengan itu, mantan Kapolres Taput ini mengingatkan Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK Sumut untuk tetap berkordinasi dengan Pemkab se- kawasan Tapanuli menangani masalah kerusakan jalan dimaksud sekaligus dalam pengalokasian anggarannya di APBD, guna mengantisipasi kerusakan jalan yang semakin parah. (M03/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com