DPRD SU Desak Kadisdik Sumut Bentuk Tim Pengawas Pelaksanaan PTM di Sekolah-sekolah

* Jangan Sampai Para Guru dan Anak Didik Sembarangan Menerapkan Prokes Covid-19

119 view
DPRD SU Desak Kadisdik Sumut Bentuk Tim Pengawas Pelaksanaan PTM di Sekolah-sekolah
(Foto: Istimewa)
Gedung DPRD Sumut
Medan (SIB)
Anggota Komisi E DPRD Sumut dr Poaradda Nababan SpB mendesak Kadisdik (Kepala Dinas Pendidikan) Sumut dan kabupaten/kota segera membentuk tim pengawas pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di setiap sekolah, guna memastikan Prokes Covid-19 berjalan secara ketat.

"Kadisdik Sumut dan kabupaten/kota jangan membiarkan sekolah-sekolah melaksanakan PTM tanpa ada pengawasan, karena dikuatirkan para guru dan anak didik bisa saja abai dalam pelaksanaan Prokes," tandas Poaradda Nababan kepada wartawan, Senin (6/9) ketika dihubungi melalui telepon di Medan.

Hal itu ditegaskan Poaradda menanggapi pemberitaan SIB, Senin (6/9) terkait adanya guru dan siswa memakai masker di dagu pada saat PTM terbatas di SDN 05 Jagakarsa, Jakarta Selatan, sehingga Pemprov DKI Jakarta langsung memberhentikan proses belajar-mengajar, karena melanggar Prokes Covid-19.

"Kita kuatir sekolah-sekolah di Sumut hal seperti ini juga terjadi, sehingga Kadisdik Sumut dan kabupaten/kota harus mobile untuk melakukan pemantauan dan pengawasan dalam pelaksanaan PTM ini. Jangan gara-gara menyepelekan Prokes, anak didik jadi korban," tegas politisi PDI Perjuangan Sumut itu.

Poaradda bahkan mengingatkan seluruh satuan pendidikan, baik yang ada di dinas maupun sekolah-sekolah agar tetap disiplin dan patuh terhadap seluruh ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah dalam pelaksanaan PTM, guna mencegah penularan virus corona, demi keamanan dan kenyamanan anak didik dan para guru maupun masyarakat sekitar.

"Artinya, pihak Disdik Sumut dan kabupaten/kota jangan hanya membiarkan para guru dan kepala sekolah mengawasi anak didik dalam menerapkan Prokes. Tapi perlu dibentuk tim pengawas pelaksanaan Prokes secara ketat atau bisa juga disebut semacam Satgas Pendidikan yang tugasnya mengawasi Prokes dalam setiap proses belajar-mengajar.

"Satgas Pendidikan ini dipimpin oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah yang tugasnya mengawasi penerapan Prokes secara ketat, melaporkan dan mengantisipasi serta menindaklanjuti secara cepat, jika ditemukan siswa di sekolah terpapar Covid-19," tandasnya sembari menambahkan, jangan sampai para guru dan anak didik sembarangan menerapkan Prokes Covid-19. Dalam kesempatan ini, Poaradda juga mengajak para relawan maupun masyarakat agar ikut memantau pelaksanaan PTM yang sedang berlangsung di 30 kabupaten/kota di Sumut. Jika ada ditemukan para guru dan siswa melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan melalui Prokes, segera laporkan ke Satgas Covid-19 terdekat atau Disdik, guna dievaluasi kembali pelaksanaannya. (A4/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com