Sudah 5 Kali PON dan Mengukir Prestasi

DPRD SU Kecewa Gubernur Sumut Belum Berikan Perhatian Khusus ke Cabor Wushu

* Kapolda Apresiasi Atlet Wushu atas Raihan Medali di PON XX Papua

196 view
DPRD SU Kecewa Gubernur Sumut Belum Berikan Perhatian Khusus ke Cabor Wushu
Foto : Dok/Rudy
FOTO BERSAMA : Anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto foto bersama dengan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan para atlet Cabor Wushu saat tiba di Kota Medan dan disambut Kapolda Sumut, Kamis (7/10) di Mapolda Sumut.
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto mengaku kecewa terhadap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang belum memberikan perhatian khusus kepada Cabor (Cabang Olah Raga) Wushu yang telah berhasil menyumbang 5 emas (dari 6 emas yang diperebutkan) untuk Sumut di PON XX Papua.

"Keberhasilan Wushu ini merupakan prestasi gemilang dan membanggakan masyarakat Sumut. Namun prestasi gemilang ini berbanding terbalik dengan perhatian dan dukungan dari Gubernur Sumut yang hingga kini belum ada perhatian khusus," ujar Rudy Hermanto kepada wartawan, Kamis (7/10) di DPRD Sumut.

Kekecewaan tersebut disampaikan Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini seusai mendampingi tim atlet Wushu yang baru tiba di Kota Medan dan langsung disambut Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak di Mapolda Sumut.

“Kita sangat berharap agar gubernur segera memberikan perhatian khusus kepada Cabor Wushu yang telah meraih prestasi gemilang di PON XX Papua. Apalagi Wushu sudah berhasil mengharumkan nama Sumut. Tidak ada salahnya gubernur memberi perhatian khusus atas prestasi mereka," ujarnya.

Rudy juga menyesalkan kurangnya perhatian Pemprov Sumut terhadap Cabor Wushu selama ini, sebab sudah 5 kali PON digelar, tapi hingga saat ini Wushu masih belum memiliki fasilitas latihan dari pemerintah. Padahal Wushu termasuk salah satu cabang olahraga andalan Sumut hingga ke tingkat dunia.

"Kita kecewa, selama 5 kali PON digelar Wushu yang banyak menyumbangkan emas tidak juga diberikan perhatian serius. Saya khawatir hal ini akan menurunkan prestasi para atlet ke depan," ungkap Rudy Hermanto sembari berharap agar Pemprov Sumut bisa memberikan semacam tali asih kepada para atlet Wushu yang berhasil meraih medali di PON Papua.

Sebagaimana diketahui, tandas Rudy, sudah 5 kali PON digelar, sejak PON 2004, 2008, 2012, 2016 dan 2021 Wushu selalu memberikan kontribusi medali emas terbanyak untuk Kontingen Sumut. Akan tetapi sampai saat ini, Wushu masih belum memiliki Padepokan atau tempat latihan permanen dan masih menumpang di Padepokan pribadi milik Supandi Kusuma.

“Sebelum terlambat dan para atlet Wushu menjadi gelandangan, alangkah baiknya Pemprov Sumut segera membangun Padepokan untuk latihan, sehingga tradisi mencetak atlet berprestasi nasional dan internasional dapat terus dilakukan,” pungkas Rudy Hermanto.
Apresiasi Atlet
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengaku mengapresiasi atlet Wushu asal Sumut yang meraih 15 medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua. Apresiasi itu disampaikan Kapolda saat menyambut kedatangan kontingen atlet Wushu PON 2021 di Mapoldasu, Kamis (7/10).

Setelah sebelumnya disambut dengan tarian selamat datang, para atlet dan official Wushu asal Sumut juga mendapat karangan bunga yang disampaikan Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Dadang Hartanto dan para pejabat utama Polda.

"Saya selaku Kapolda mewakili Forkopimda menyambut kedatangan para atlet yang sudah membanggakan Sumut. Terima kasih kepada para atlet yang sudah menyumbangkan 15 medali di antaranya 5 emas, 5, perak dan 5 perunggu dalam event nasional PON 2021 di Papua," kata Kapolda di depan pengurus KONI dan Wushu Sumut.
Disebutkan, Forkopimda Sumut sangat bangga kepada kontingen Wushu yang telah berhasil menyumbangkan medali emas meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Forkopimda Sumut, akunya, sebelumnya telah meminta Gubernur Sumut untuk menyiapkan sarana dan prasarana serta kebutuhan para atlet Sumut.

"Forkopimda akan memberikan reward kepada para atlet yang dapat meraih medali. Secara khusus, Polda akan melakukan perekrutan bagi para atlet yang ingin masuk dan bergabung di Polri," ungkapnya.

Sementara Ketua Wushu Sumut Darsen Song mengaku mengapresiasi kepedulian Kapolda serta jajaran yang memberikan motivasi dan semangat dengan menghadiri pembukaan PON 2021 di Papua.

"Kami juga sudah menyiapkan Atlet PON di 2024. Ke depan, pengurus Wushu Sumut masih berharap Pemprov Sumut bisa memberikan bangunan sebagai tempat latihan," ujarnya. (A3/A16/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com