DPRD SU Usulkan Pemprov Sumut Buat Perda CSR 20 Persen dari Sektor Perkebunan

* Riau Sudah Lama Berlakukan Perda CSR, BUMN dan Swasta Wajib Mematuhinya

372 view
DPRD SU Usulkan Pemprov Sumut Buat Perda CSR 20 Persen dari Sektor Perkebunan
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi Petani sawit membawa buah sawit.

Medan (SIB)

Anggota Komisi D DPRD Sumut Abdul Rahim Siregar mengusulkan ke Pemprov Sumut untuk segera membuat Perda (Peraturan Daerah) tentang jumlah Corporate Sosial Responsibility (CSR) subsektor perkebunan sebesar 20 persen kepada masyarakat sekitar, guna membangun fasilitas umum, sekaligus meminimalisir permasalahan di daerah.


"Saya kira sudah saatnya Pemprov Sumut membuat Perda CSR seperti yang sudah dilakukan Provinsi Riau, yang mematok bantuan sebesar 20 persen dari keuntungan perusahaan kepada masyarakat sekitar.


Hal itu sangat penting, untuk meminimalisir persoalan dengan rakyat sekitar kebun," ujar Abdul Rahim Siregar kepada wartawan, Kamis (2/6) di DPRD Sumut.


Usulan tersebut disampaikan politisi PKS ini terkait berlarut-larutnya persoalan banjir disertai kerusakan jalan dan longsor di sepanjang jalan provinsi, diduga akibat adanya banjir kiriman dari areal PTPN IV Marjanji di Kabupaten Simalungun.


Kasus ini sudah berlangsung selama 2 tahun, tapi belum kunjung tuntas.


Ditambahkannya, masalah infrastruktur di kebun PTPN IV Marjanji merupakan satu dari sekian masalah di sejumlah lahan perkebunan BUMN maupun swasta. Sebagian besar diduga terjadi karena tingkat partisipasi perusahaan perkebunan ke wilayah sekitar relatif rendah.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com