Dampak Positif Pandemi: Penggunaan Internet Antar-Provinsi Semakin Merata


202 view
Dampak Positif Pandemi: Penggunaan Internet Antar-Provinsi Semakin Merata
(Foto: Unsplash)
Penggunaan internet melonjak di masa pandemi Covid-19 

Jakarta (SIB)

Pandemi Covid 19 memberikan peluang bagi Indonesia untuk mempercepat adopsi teknologi digital.

Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna mengatakan ini merupakan momen terbaik untuk peningkatan digitalisasi di Indonesia.

I Nyoman mengungkapkan berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2022, penggunaan internet antar provinsi semakin merata.

Menurutnya ini terjadi karena adanya pembangunan infrastruktur digital yang juga mendorong pemanfaatan ekonomi digital jadi lebih baik lagi.

"UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) juga yang mengadopsi teknologi digital bisa jadi lebih baik lagi," ucap I Nyoman, Jakarta, Selasa (6/9).

Menurut hasil indeks literasi digital, di Indonesia tingkat kecakapan digital saat ini mengalami kenaikan yakni 3,49 dari nilai maksimum 5,0.

"Kita masih dalam kategori sedang untuk tingkatkan kecakapan digital. Sehingga harus dipacu oleh pemerintah," jelas I Nyoman.

Oleh karena itu, pemerintah melalui kementerian Komunikasi mempunyai program yang sangat masif terkait literasi digital yang tujuannya adalah untuk meningkatkan intensifikasi kecakapan digital dan mengencangkan di bidang teknologi.

"Jadi dengan adanya peningkatan kecakapan digital maka proyeksi ekonomi digital akan naik secara signifikan, jadi penting meningkatkan tingkat kecakapan digital atau literasi digital," terang dia.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com