Darwin Sitompul Terpilih Sebagai Ketua DPD GAMKI Sumut Secara Aklamasi


535 view
Darwin Sitompul Terpilih Sebagai Ketua DPD GAMKI Sumut Secara Aklamasi
Foto: Caretaker GAMKI SU
KONPERDA GAMKI: Peserta Konperda GAMKI dan kandidat dipertemukan digalang Maruli Silaban (tengah) dan Ketua Panitia Alex Ramandey, sebelum penetapan Darwin Sitompul sebagai ketua di Retreat Center GBKP Sibolangit - Deliserdang, Sabtu (23/10).

Sibolangit (SIB)

Darwin Sitompul terpilih sebagai Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumatera Utara (SU) masa bakti 2021-2024, Minggu (24/10) di Retreat Center GBKP Sibolangit-Deliserdang. Kandidat lainnya, Jhon Taripar Parsaroan Hutabarat, tidak melanjutkan pencalonannya. “Dengan demikian Darwin Sitompul ditetapkan menjadi Ketua GAMKI Sumut periode 2021 - 2024,” ujar Pimpinan Sidang Dicson Luli dari unsur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI didampingi Michael Simorangkir dari unsur DPC dan lainnya.


Menjelang penetapan, terjadi drama. Ada sebelas DPC yang diduga mendukung satu kandidat mengritisi sejumlah aturan pemilihan. Di antaranya ngotot meminta agar DPP dan Caretaker DPD GAMKI SU tidak memilih atau abstein. Alasannya, selain menjaga independensi juga karena status caretaker.


Tuntutan tersebut tak dapat dipenuhi sebab tidak ada dalam AD/ART dan sebelumnya tidak dibicarakan dalam tata tertib. Ketidak sepahaman itu membuat 11 DPC (baca pemilik suara) ke luar ruangan setelah adu argumen panjang sejak puluk 17.00 WIB Sabtu (23/10) dengan beberapa kali rehat untuk makan malam dan ngopi dini hari.


Ketika meninggalkan ruangan sekira pukul 04.00 WIB, pimpinan sidang masih menunggu kembalinya yang ke luar ruangan tapi tidak juga hadir, lalu ditetapkan Darwin Sitompul sebagai ketua dan disambut riuh. Sekretaris GAMKI Medan Fery Sihite berteriak sebagai ungkapan syukur karena pesta usai.


Sejumlah unsur DPP, di antaranya Maruli Silaban SH SE, Alex Ramandey yang juga ketua panitia, ikut bertepuk. Tetapi, suara riuh dari luar gedung mencolok memberi aplaus seperti dari mantan Sekretaris GAMKI DS Pbs Hamonangan Sinaga, senioren Jeffry Edi Manulang, Yuni Sitorus yang cendikiawan perempuan GTDI, termasuk Jonni Naibaho. Di luar gedung ada Ketua DPC GAMKI Medan Nimrot Sihotang yang tampil santai sambil berkidung pujian secara pelan, termasuk pekerja seni etnik Jhon Marthin Lumban Gaol.


Konsultasi pimpinan sidang dengan panitia akhirnya diambil kesepakatan kegiatan ditutup dengan kebaktian utuh. Begitu selesai, siapapun yang tak punya hak masuk ruangan, dimungkinkan bergabung untuk ibadah bersama.


Ada juga teriakan ‘Hidup Landen Marbun yang tak diketahui sumbernya. GAMKI SU sebelumnya dinakhodai politisi dan pengacara sohor tersebut.


Konperda bertema Usahakanlah Kesejahteraan Kota di Mana Kamu Berada & Doakanlah ( Yeremia 29:7) dan subtema Meneguhkan Nasionalisme & Ekumenisme Dengan Nilai Nilai Pancasila tersebut didahului upacara nasional dipimpin Gomgom Nababan dibuka Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Kapolda SU Irjen Panca Simanjuntak diikuti sebagian besar pengurus DPP GAMKI, di antaranya Ketum Willem Wandik, Sekum Sahat Martin Philip Sinurat, Swanro Lumbanbatu, Chey Vicky, Yanser Zega, Dodi Lapihu dan Nenny Triana Purba.


Terpisah, Ketua Caretaker demisioner GAMKI SU Maruli Silaban berterima kasih pihaknya dapat mengantar Konperda sesuai yang direncanakan. “Terima kasih pada Ketua Panitia Alex Ramandey yang mempersiapkan kegiatan tak tidur-tidur. Caretaker yang selama 6 bulan tak kenal lelah, bahkan harus mengunjungi daerah yang selama ini tak pernah terencanakan. Ada makian yang dapat diubah menjadi cemeti motivasi semangat kami terus berbuat,” ujar pengacara sohor di Jakarta tersebut. “Kerja keras, kerja lelah, semua pihak khususnya panitia yang terdiri dari kader fanatik, terbayar lunas. Cinta Tuhan, Cinta Nusa Bangsa! Ora Et Labora,” tutupnya. (R10/rel/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com