Di Tengah Pandemi Virus Corona, Loper Koran Tak Surut Semangat


291 view
Di Tengah Pandemi Virus Corona, Loper Koran Tak Surut Semangat
Foto SIB/Jheslin M Girsang
Ando Purba, loper Koran SIB di Simalungun. 
Simalungun (SIB)
Pekerjaan loper koran mengantar surat kabar ke rumah pelanggan, warung maupun kantor-kantor. Anjuran pemerintah soal tinggal di rumah membuat pembeli koran eceran menyusut namun oleh sejumlah loper koran, hal itu tidak menyurutkan semangat menjajaki koran demi mencari 'sesuap nasi' di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Seorang loper koran SIB, Ando Purba warga Sondiraya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun menyadari fisiknya tidak akan kebal melawan dahsyatnya bahaya virus corona. Namun profesi sebagai loper tetap dilakukan dan berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memperoleh informasi sekaligus untuk memperoleh nafkah bagi keluarga sang loper.
"Abis mau gimana lagi bang. Mau mencari pekerjaan lain sulit di masa pandemi ini," tutur Ando di Raya, Kamis (16/4).

Mirisnya, jumlah pelanggan koran turun signifikan. Banyak warung kopi tutup yang menjadi langganan utamanya. Penutupan itu dampak dari menyikapi anjuran pemerintah untuk menghindari pertemuan banyak orang (Physical Distancing).

"Jadinya, langganan berkurang, ya otomatis keuntungan juga berkurang. Mudah-mudahan sehat selalu, itu aja bang," ujar Ando dengan nada polos.

Pemerintah patut memberi atensi penuh bagi masyarakat yang paling terdampak virus corona. Pekerjaan loper koran cukup mulia menyalurkan informasi yang terbaik dan yang terkini melalui peredaran koran di tengah-tengah masyarakat. (S05/f)
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com