Dibangun Berbiaya Rp 11 Miliar di Medangderas Batubara, Turap Jalan Provinsi Ambruk


1.859 view
Dibangun Berbiaya Rp 11 Miliar di Medangderas Batubara, Turap Jalan Provinsi Ambruk
(Foto SIB/Effendi Simanjuntak)
AMBRUK: Beginilah kondisi ambruknya turap jalan provinsi yang dibangun kontraktor di Desa Medang, Kecamatan Medangderas Kabupaten Batubara. Foto dipetik Minggu (19/9).
Pagurawan (SIB)
Turap atau dinding penahan tanah yang pekerjaannya masih berlangsung di Desa Medang Kecamatan Medangderas Kabupaten Batubara,ambruk pada Minggu (19/9).

Diketahui proyek tersebut berbiaya Rp 11 miliar lebih nama kegiatan peningkatan struktur pada ruas jalan provinsi di Bandarkhalifah Kabupaten Serdangbedagai Desa Lalang Akses Inalum di Kabupaten Batubara nomor kontrak 620/DBMBK/UPTJJTB/KPA/1891/2021 dengan penyedia jasa CV.RK konsultan Supervisi PT KCE dan sumber dana APBD tahun anggaran 2021.

Menurut Ridwan warga setempat kepada wartawan Senin (20/9) semestinya mereka bahagia dengan adanya proyek tersebut sebab sudah cukup lama ditunggu masyarakat. Namun pekerjaannya asal jadi sehingga mereka kecewa. “Terbukti asal jadi, belum serah terima sudah ambruk”, jelas Ridwan.

Dia juga mengatakan, pekerjaan proyek itu diduga tidak memakai cerocok sehingga pasangan batu,pasir dan semen tidak mampu menahan beban, disebabkan lokasi pengerjaan tanahnya masih labil.

Ditambahkannya, pekerjaan proyek sudah berlangsung selama dua minggu namun tak sekalipun mereka melihat personil perusahaan konsultan pengawas maupun perwakilan Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (DBMBK) Provinsi Sumut meninjau atau mengawasi jalannya pekerjaan sehingga kesannya rekanan bekerja sesuka hati tanpa mempedulikan kualitas kerjaan.

"Kami sangat kecewa dengan ambruknya turap yang tengah dikerjakan, sayang kali uang rakyat terbuang sia-sia,"ungkapnya.

Pada hari yang sama melalui pesan WhatsApp Kadis PUPR Batubara Khairil Anwar,ST mengatakan, pihaknya tidak terlibat dalam pembangunan proyek tersebut.(ES/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com