Diduga Lakukan Korupsi Dana Desa, Kades Panaungan Dituntut 7 Tahun Penjara


161 view
Diduga Lakukan Korupsi Dana Desa, Kades Panaungan Dituntut 7 Tahun Penjara
Internet
Terdakwa Dangsir Siregar saat mendengarkan tuntutan.
Medan (SIB)
Terdakwa Dangsir Siregar selaku Kepala Desa (Kades) Panaungan dituntut 7 tahun penjara karena diduga melakukan tindak pidana korupsi penggunaan dana desa tahun anggaran 2019 - 2020 di Desa Penaungan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan sebesar Rp882 juta.

Dalam nota tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Amiruddin Alamsyah Harahap menuturkan bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Meminta majelis hakim untuk menjatuhkan terdakwa dengan hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp200 juta dengan subsider 6 bulan kurungan," kata jaksa di hadapan majelis hakim yang diketuai Eli Warti, di Ruang Cakra 8 Pengadilan Tipikor Medan, Senin (25/10).

Selain itu, jaksa penuntut umum juga meminta agar pria tamatan SMP itu membayar uang pengganti (up) sebesar Rp882 juta. "Paling lama satu bulan setelah peroleh hukum tetap dan jika tidak dibayar maka akan diganti dengan penjara selama 3 tahun 3 bulan," ucap jaksa.

Sedangkan dalam pertimbangan jaksa disebut hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

"Hal yang meringankan, terdakawa sopan dalam persidangan dan mempunyai tanggungjawab bagi keluarganya," kata jaksa.

Setelah mendengar tuntutan jaksa, hakim ketua menunda persidangan hingga pekan mendatang dengan agenda pembelaan dari terdakwa (pledoi).

Sebelumnya, dalam dakwaan jaksa menjelaskan terdakwa membuat Laporan Pertanggungjawaban fiktif, seolah-olah kegiatan tersebut dilaksanakan. Adapun kegiatan fiktif pada pengelolaan keuangan yang bersumber Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019 terhadap 9 kode rekening belanja dikurangi pajak PPn, PPh 22 dan Galian C pada Desa Panaungan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. (A17/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com