Digelar 24-26 Februari 2023

Diikuti Pebalap Asing, Jutaan Penonton akan Saksikan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba

* Gubernur Minta Kepala Daerah se-Sumut Lakukan Sosialisasi

117 view
Diikuti Pebalap Asing, Jutaan Penonton akan Saksikan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba
Foto: Ist/harianSIB.com
F1 Powerboat akan digelar di Danau Toba. 
Medan (SIB)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menekankan pentingnya Indonesia menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan F1Powerboat 2023 Lake Toba 24-26 Februari 2023.
"F1Powerboat 2023 adalah kebanggaan dan ini pengalaman pertama bagi kita. Kesuksesannya sangat penting bagi kita untuk even selanjutnya," katanya saat media gathering melalui zoom meeting, Selasa (24/1).
Ia mengatakan, F1Powerboat Lake Toba 2023 yang melibatkan lintas kementerian dan lembaga, sampai saat ini persiapan terus dikebut, termasuk menyiapkan venue, tribun penonton dan fasilitas lainnya.
"Even ini dilaksanakan di daerah pariwisata yang tentunya bertujuan sekaligus untuk mendorong wisata agar terus maju khususnya di daerah super prioritas seperti halnya di danau Toba.
F1Powerboat 2023 akan diikuti peserta dari sejumlah negara, dan Toba sendiri akan menjadi seri pembuka F1Powerboat. Oleh karenanya Menpora ingin semua yang datang ke Toba harus disambut dengan baik.
"Banyak pebalap dan tim dari negara-negara luar yang akan datang ke Danau Toba untuk melihat acara ini. Saya ingin kita nanti bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa memberikan kenyamanan buat para peserta," katanya.
Ia menyampaikan latar belakang digelarnya F1Powerboat Lake Toba 2023 tersebut sesuai arahan presiden menyusul pandemi Covid-19 yang menyebabkan perekonomian merosot.
Berbagai upaya harus dilakukan untuk mendorong dan memulihkan kembali perekonomian, salah satunya melalui pariwisata dan olah raga.
"F1Powerboat Lake Toba 2023 ini akan disaksikan jutaan penonton melalui berbagai media maupun menyaksikan langsung. Ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan pariwisata kita. Insya Allah nanti akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya.
Indonesia, tepatnya Danau Toba menjadi tuan rumah perdana dari rangkaian seri F1H2O untuk musim 2023.
"Bahkan mungkin bisa bertambah menjadi 20-an pebalap yang tampil di sana (Danau Toba)," ujar Amali menambahkan.
Dalam kesempatan ini, Amali juga menyampaikan persiapan Danau Toba sebagai tuan rumah.
"Secara teknis sudah dalam kondisi siap. Pekan lalu, saya sudah tinjau. Mulai dari arena lomba dan lainnya. Saya tidak khawatir karena persiapan dipandu langsung oleh federasi internasionalnya," kata Amali.
Danau Toba diyakini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan pada 2023 karena salah satu destinasi pariwisata super prioritas Indonesia itu menjadi tuan rumah F1 Powerboat.
Amali menyebut, latar belakang Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap air bergengsi tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong memulihkan kembali pertumbuhan ekonomi usai pandemi Covid-19 melalui kegiatan pariwisata dan olahraga.
"Ajang ini juga dilaksanakan di daerah wisata sekaligus untuk mendorong Danau Toba sebagai wisata super prioritas. Federasi internasional olahraga ini yang memilih Danau Toba sebagai lokasi lomba. Saya pikir ini adalah lokasi terbaik," pungkas Amali.
Sementara Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan, sudah menjadi tugas bersama untuk menyukseskan kegiatan berskala internasional tersebut.
Untuk itu berbagai persiapan juga terus dimatangkan termasuk penyediaan infrastruktur komunikasi yang dikoordinasikan dengan operator seluler agar komunikasi penyelenggaraan kegiatan berjalan lancar.
"Dari sisi komunikasi publik, kami bertugas mengkomunikasikan dengan semua pihak untuk menyebarluaskan ke masyarakat. Kita akan menyiapkan media center dan sejumlah fasilitas lainnya untuk memudahkan teman-teman media untuk melakukan peliputan," katanya.
Gencarkan Publikasi dan Sosialisasi
Sementara itu, wartawan SIB melaporkan untuk menyukseskan dan memeriahkan perhelatan F1 Powerboat akbar itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi telah memerintahkan jajarannya untuk gencar mempublikasikan dan menyosialisasikannya kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Gubernur melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus pada Media Gathering Kementerian Kominfo secara daring di Kantor Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said, Medan, Selasa (24/1).
"Sesuai dengan arahan Gubernur yang telah disampaikannya beberapa waktu lalu, perhelatan itu merupakan kesempatan emas bagi Sumut dan Danau Toba. Sumut akan mendapat banyak keuntungan dari ajang ini oleh karena itu, kita tidak boleh melewatkanya begitu saja, publikasi dan sosialisasi perlu terus digencarkan," ujarnya.
Pemprov Sumut melalui Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Sumut meminta kepala daerah kabupaten/kota se-Sumut, OPD Pemprov Sumut dan BUMD mempublikasikan dan menyosialisasikan F1 Powerboat.
"Kami juga telah meminta dukungan seluruh bupati dan wali kota, kepala OPD Pemprov Sumut dan BUMD untuk mempublikasikan perhelatan akbar itu sebab ini tidak bisa dilakukan dengan kerja sendiri, sinergi harus diperkuat," ujarnya.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali yang hadir pada media gathering tersebut menegaskan, penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba adalah salah satu upaya mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.
“Penyelenggaraan event olahraga di daerah wisata Danau Toba diharapkan akan lebih meningkatkan gerak laju ekonomi nasional masyarakat,” tegasnya.
Untuk itu Zainudin Amali berharap seluruh persiapan secara teknis harus disiapkan sebaik mungkin. "Persiapan venue, fasilitas pendukung semuanya harus kita kebut persiapannya. Rakor secara intensif dan parallel juga terus dilakukan,” katanya.
Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong berharap, media tidak hanya memberitakan ajang balapan perahu itu saja. Namun juga dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata superprioritas nasional.
“Kita Kementerian Kominfo persiapkan semua kebutuhan media. Namun kami berharap, media juga turut memberitakan hal positif mengenai Danau Toba sebagai promosi untuk masyarakat nasional maupun internasional,” ujarnya. (Antaranews/A13/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com