Dinkes DKI Ungkap Temuan 2 Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Satu Meninggal


158 view
Dinkes DKI Ungkap Temuan 2 Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Satu Meninggal
(Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kan2d)
Geger dua kasus baru gagal ginjal akut di DKI. 
Jakarta (SIB)
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Dwi Oktavia T.L.H., M. Epid mengonfirmasi dua kasus baru gagal ginjal akut di Ibu Kota. Salah satunya meninggal dunia.
Kasus ditemukan awal Januari, sempat dirawat di RSCM dengan keluhan tidak bisa buang air kecil, tidak lama setelahnya pasien dilaporkan tak selamat. Menurut dr Dwi, saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran epidemiologis.
Termasuk kepastian apakah pemicu gagal ginjal akut pada keduanya berkaitan dengan kasus keracunan obat sirup. Dilaporkan, dua kasus itu mengonsumsi obat sirup, tetapi belum diketahui merek obat sirup yang dimaksud.
"Iya ada anak dengan gangguan ginjal akut kemudian tentu dilakukan investigasi, artinya diperiksa kemungkinannya. Apakah dari riwayat obatnya atau misalnya memang karena penyakitnya sendiri progresivitas dari penyakitnya sendiri, kami melakukan penelusuran epidemiologis sambil pengumpulan data pendukung. Misalnya sampel obat dan sebagainya," terang dia saat dikonfirmasi Minggu (5/2).
Menurutnya, informasi lain masih berproses sembari menunggu kajian ahli untuk mengidentifikasi pemicu gagal ginjal akut kedua anak tersebut.
"Kan mencari riwayat sakit yang pertamanya, kemudian riwayat minum obatnya, kemudian dari mana saja sambil kita usaha kumpulkan kalau ada riwayat minum obat paralel dengan nanti kajian ahlinya yang mencari kemungkinan penyebab gangguan ginjal akutnya. Ada kasus meninggal memang betul, satu orang, tetapi iya tadi masih dalam proses kumpulan informasi," sambung dia. (detikHealth/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com