Dinkes Sumut Alokasi Rp5 M Jaminan Kesehatan Masyarakat Tidak Tercover BPJS


128 view
Dinkes Sumut Alokasi Rp5 M Jaminan Kesehatan Masyarakat Tidak Tercover BPJS
(Foto: Jefris Santama/detikcom)
Kantor Dinas Kesehatan Sumut di Medan 
Medan (SIB)
Masyarakat yang tidak tercover BPJS Kesehatan atau non register tidak usah khawatir, sebab Dinas Kesehatan Sumut telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, drg Ismail Lubis MM mengatakan masyarakat yang bisa mendapatkan pembiayaan ini adalah masyarakat tidak mampu. "Kita mengalokasikan Rp5 miliar untuk masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS atau non register," kata Ismail seperti dilansir dari harianSIB.com, Senin (15/11).

Ia mengimbau jika ada mengetahui warga ataupun anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan kesehatan jangan segan-segan mengadvokasi dan membawa ke fasilitas kesehatan (faskes). "Bagi masyarakat yang mendapatkan pembiayaan ini cukup membutuhkan keterangan dari dinas sosial (dinsos) setempat," ujarnya.

Ketika masyarakat tidak mampu ini sudah tercover di non registrasi, langsung dicover ke pembiayaan yang dibiayai oleh pemerintah. "Sejauh ini sudah ada belasan rumah sakit yang tersebar di Sumut sudah mengajukan pembiayaan non register itu," sebutnya.

Terpisah, Asisten Deputi Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumut-Aceh Mahmul Ahyar SE MM mengatakan pendaftaran masyarakat kurang mampu ke dalam program JKN-KIS, BPJS Kesehatan pada prinsipnya hanya menerima pengajuan data penduduk yang kurang mampu dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk didaftarkan sebagai penduduk yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

"Untuk pendataan dan pendaftaran tersebut dilakukan oleh dinas kesehatan dan atau dinas sosial masing-masing," sebutnya.

Ia menyebutkan hingga bulan September 2021, jumlah penduduk yang didaftarkan sebagai tanggungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat di Provinsi Sumut sejumlah 6.011.918 jiwa dengan rincian PBI APBD 1.333.032 jiwa dan PBI APBN 4.678.886 jiwa.

"Adapun terkait pendaftaran atau pembayaran iuran masyarakat kurang mampu, BPJS Kesehatan juga telah mengajak perusahaan-perusahaan, untuk dapat mengalokasikan dana CSR-nya untuk mendaftarkan penduduk kurang mampu sebagai peserta program JKN KIS ataupun untuk membayarkan tunggakan iuran penduduk yang tergolong tidak mampu," tutupnya. (SS6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com