Dinsos Asahan : Pengurangan Warga Penerima BST Kewenangan Mutlak Kemensos


229 view
Dinsos Asahan : Pengurangan Warga Penerima BST Kewenangan Mutlak Kemensos
Foto Dok
Muksin MPd
Kisaran (SIB)
Pengurangan nama-nama yang terdaftar penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebagai bantuan kepada warga terdampak Covid-19, merupakan kewenangan mutlak Kemensos RI.

Demikian disampaikan Kadinsos Asahan melalui sekretaris Muksin MPd saat ditanya terkait ratusan nama warga Kelurahan Gambir Baru hilang dari daftar penerima BST, Rabu (14/4).

Seperti dilansir dari harianSIB.com, Muksin menjelaskan pengurangan nama warga penerima BST tidak hanya terjadi di Kelurahan Gambir Baru maupun Kabupaten Asahan saja, tetapi di seluruh Indonesia. Untuk Asahan saja, sebutnya, terjadi pengurangan sebanyak 2.857 orang.

"Tahun 2020 penerima BST di Asahan 35.789 orang, 2021 berkurang menjadi 32.932 orang. Pengurangan untuk BST bulan Januari dan Februari 2021, sedangkan Maret/April 2021 tidak ada pemberitahuan," ujarnya.

Terkait pengurangan dimaksud, ada 13 poin yang menjadi pertimbangan Kemensos mencoret nama penerima BST. 13 poin tersebut di antaranya tidak padan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ganda ID, ganda keluarga ID Keluarga DTKS, ganda identik cek Pusat Data Informasi (Pusdatin), ganda keluarga cek Pusdatin, ganda NIK, nama, kecamatan, kelurahan, DTKS.

Lalu, non aktif DTKS, non aktif Dukcapil, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tidak terdistribusi, NIK tidak valid DTKS, tidak transaksi flat, permintaan daerah dan hapus cek Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

"Hanya pertama saja kita mengirimkan data, selanjutnya seperti pengurangan BST sudah hak prerogatif Kemensos," ucapnya.

Ditanya apakah ada hubungan dengan kasus bansos yang diungkap oleh KPK?, Muksin menjawab tidak mengiyakan. Namun, kata Muksin, setelah ada kasus tersebut terjadi evaluasi penerima BST.

Sebelumnya diberitakan, ratusan nama warga Kelurahan Gambir Baru hilang dari daftar penerima BST. Warga sangat menyayangkan kondisi ini, karena sangat mengharapkan bantuan tersebut untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. (SS17/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com