Diperiksa Propam Polda Sumut, Urine Eks Kasat Narkoba Polres Siantar Negatif


435 view
(f:saut/mistar)
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi saat memberikan keterangan, Jumat (5/2/21).
Medan (SIB)
Bidang Propam Polda Sumut telah memeriksa mantan Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar, AKP David Sinaga pasca viralnya video dugem di media sosial.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Sabtu (6/2) malam lewat telepon selulernya menyebutkan, setelah dilakukan pemeriksaan urine, AKP DS dinyatakan negatif pengguna narkotika.

“Setelah dilakukan penyelidikan, kejadian yang ada di video dugem AKP David Sinaga yang viral di medsos itu, ternyata terjadi bulan Oktober 2020 lalu. Jadi saat itu yang bersangkutan sedang dalam penyelidikan untuk pelaku pengedar narkoba. Ketika di ruang resepsionis, tanpa disadari ternyata AKP DS direkam oleh pemilik tempat hiburan malam bernama Acong. Itu awal kejadiannya,” ujar Kabid Humas Polda Sumut.

Perihal kedatangan AKP David ke tempat hiburan tersebut adalah dalam rangka penyelidikan dugaan peredaran narkoba. Namun kedatangannya ternyata membuat pemilik karaoke merasa gerah dan mendatanginya, lalu membawa ke salah satu ruangan tempat dimana ia akhirnya direkam.

Video itu baru muncul dan menjadi viral beberapa hari lalu. Polisi menduga hal ini berkaitan dengan penangkapan yang dilakukan Kasat Narkoba dan timnya terhadap salah seorang pengedar narkoba di Studio 21 tersebut pada 4 Januari 2021.

Pemilik tempat hiburan, Acong menurut Kabid Humas kembali mendatangi Kasat Narkoba Siantar AKP David Sinaga dan meminta agar pelaku tersebut dilepaskan. Namun, permintaannya tidak dikabulkan.

"Kemarin, muncullah video tersebut pada akun facebook dan youtube dimana akun AKP David Sinaga pun ternyata dipalsukan," sebutnya.

Saat ini kata Hadi, pemeriksaan masih terus dilakukan. Polda Sumut juga telah meminta keterangan Acong pemilik hiburan selaku pelaku yang merekam video tersebut.

Informasi diketahui SIB, kini AKP David Sinaga, akhirnya dimutasi sebagai Pama (Perwira Pertama) di Yanma (Pelayanan Markas) Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.

Jabatan Kasat Reserse Narkoba Polres Pematangsiantar diserahkan kepada AKP Kristo Tamba SH SIK yang sebelumnya menjabat Panit 2 Subdit 2 Ditres Narkoba Polda Sumut.

Mutasi tersebut sesuai surat telegram No:ST/73/Kep/2021 dan Red Kep Kapoldasu no/Kep/140/II/2021/ tanggal 5-2/2021, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Sumut yang ditandatangani Kapolda An Karo SDM Kombes Heru Budi Prasetyo SIK. (RH/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com