Dipimpin Muhadjir, Azyumardi Azra Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata


145 view
Dipimpin Muhadjir, Azyumardi Azra Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata
(Foto: Antara/Galih Pradipta)
DIMAKAMKAN: Sejumlah prajurit TNI mengusung peti jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9). 

Jakarta (SIB)

Jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Prosesi pemakaman dilakukan secara militer.


Pantauan di lokasi, Selasa (20/9), sekitar pukul 08.52 WIB proses upacara pemakaman Azyumardi dimulai.


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terlihat di lokasi sebagai inspektur upacara pemakaman.


Pembawa acara kemudian menyampaikan riwayat hidup dari Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. Inspektur upacara lantas membacakan apel Persada.


"Saya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy atas nama negara bangsa dan Tentara Negara Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi jiwa dan raga almarhum," kata Muhadjir di lokasi.


Di lokasi tampak Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit.


Beri Penghormatan Terakhir

Sejumlah tokoh, keluarga dan kerabat yang hadir di pemakaman mendiang Ketua Dewan Pers itu memberi penghormatan terakhir sebelum pemakaman.


Pelayat diminta untuk berdiri menanggalkan setiap barang yang dipegang. Pembawa acara meminta pelayat yang hadir untuk melakukan sikap hormat.


Terlihat Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Jusuf Kalla memberikan penghormatan terakhir.


Diketahui prosesi pemakaman Azyumardi Azra dilakukan secara militer.


Seperti diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat.


Azyumardi berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.


Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan.


Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia. (detikcom/d)






Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com