Disebut-sebut Terlibat KLB Demokrat, DPP GAMKI Bentuk Tim Pencari Fakta

* Ketua DPD GAMKI Sumut: Mungkin Karena Baju Kami Sama-sama Biru

453 view
Disebut-sebut Terlibat KLB Demokrat, DPP GAMKI Bentuk Tim Pencari Fakta
Foto Dok
Willem Wandik dan Landen Marbun
Medan (SIB)
Ketua Umum DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Willem Wandik mengklarifikasi adanya anggota GAMKI yang terlibat dalam polemik di Partai Demokrat. Dalam cuitan akun twitter Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief yang menyebutkan, nama GAMKI sebagai pelaksana acara pertemuan sejumlah kader Demokrat dan Moeldoko di The Hill Hotel, Sibolangit, Deliserdang.

Lewat surat klarifikasi nomor: 110665/SU-GAMKI/EXT/B/III/2021, Kamis (4/3), DPP GAMKI Pusat menyampaikan beberapa hal, yaitu: GAMKI adalah organisasi yang independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi manapun. Fungsionaris, pengurus ataupun anggota GAMKI, baik di pusat maupun daerah diberikan kebebasan hak berdemokrasi dan hak berpolitik secara pribadi masing-masing untuk dapat terlibat dalam organisasi masyarakat lainnya atau partai politik. Namun GAMKI memiliki kebijakan untuk tidak ikut campur dalam urusan internal organisasi lain, baik ormas maupun parpol yang sedang berpolemik dan inkonstitusional.

Dikatakannya, DPP GAMKI telah menelusuri dan mengkonfirmasi kepada DPD GAMKI Sumut terkait persoalan ini. “Dapat kami tegaskan bahwa DPD GAMKI Sumut maupun DPC GAMKI se Sumut, tidak pernah melaksanakan kegiatan ataupun pertemuan apapun di Hotel The Hill, Sibolangit, tanggal 4-6 Maret 2021. Saat ini kami sedang membentuk tim pencari fakta untuk menelusuri apakah ada oknum yang telah membawa-bawa nama organisasi GAMKI dalam mempersiapkan pertemuan itu,” terang Willem Wandik.

Untuk itu, lanjut dia, siapapun yang terbukti mengait-ngaitkan organisasi GAMKI dalam urusan internal organisasi lain, DPP GAMKI akan melakukan langkah organisasi ataupun langkah hukum lainnya secara tegas dan terukur. “Kami meminta semua pihak untuk tidak mengait-ngaitkan organisasi GAMKI dengan polemic partai politik yang sedang terjadi saat ini,” tegasnya putra Papua ini.

Ketua DPD GAMKI Sumut Landen Marbun SH yang dihubungi wartawan, Jumat (5/3) mengatakan, tidak ada kapasitas GAMKI mengurusi acara partai orang. GAMKI adalah organisasi kepemudaan sedangkan Demokrat adalah partai politik yang ketepatan warna bajunya sama-sama biru, GAMKI berlogo salib sedangkan Demokrat merci.

“Demokrat itu partai besar, gak ada kaitannya dengan GAMKI. Kalau ada yang mengaku-ngaku memesan perhelatan atas nama GAMKI kenapa tidak ditanya siapa namanya. Jangan langsung main twitter menyebut nama GAMKI tapi tidak ditelusuri siapa orangnya, tanyalah sama pihak hotelnya. Saya memang orang politik, tapi saya bukan kader Demokrat, saya kader Nasdem,” terang Landen. (A8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com