Ditjen Pajak: Ada Tiga Format NPWP Baru Diatur di Peraturan Menkeu


233 view
Ditjen Pajak: Ada Tiga Format NPWP Baru Diatur di Peraturan Menkeu
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi NPWP. 

Medan (SIB)

Setelah resmi diluncurkan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Selasa (19/7) kemarin, masyarakat sebaiknya mengenal format baru Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang berlaku mulai 14 Juli 2022.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Neilmaldrin Noor menyebutkan, format NPWP baru ada tiga sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.03/2022.

Pertama, untuk wajib pajak (WP) orang pribadi yang merupakan penduduk menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia,” kata Neilmaldrin dalam siaran pers Sabtu (23/7).

Kedua, bagi WP orang pribadi bukan penduduk, WP badan, dan WP instansi pemerintah menggunakan NPWP format 16 digit. Ketiga, bagi WP cabang menggunakan Nomor Identitas Tempat Kegiatan Usaha.

Namun, sampai tanggal 31 Desember 2023, NPWP format baru masih digunakan pada layanan administrasi perpajakan secara terbatas, salah satunya untuk dapat login ke aplikasi pajak.go.id.

Baru mulai 1 Januari 2024, di mana Coretax sudah beroperasi, penggunaan NPWP format baru akan efektif diterapkan secara menyeluruh, baik seluruh layanan DJP maupun kepentingan administrasi pihak lain yang mensyaratkan penggunaan NPWP, ”ujar Neilmaldrin Noor.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com