Dukung Wisata Danau Toba, BPODT Apresiasi Damri Buka Trayek Bandara Silangit


318 view

Medan (SIB) -Direktur Pemasaran  Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Basar Simanjuntak mengapresiasi pengoperasian  Damri trayek Bandara Silangit Internasional di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), ke sejumlah kawasan Danau Toba pada Desember ini.

Apresiasi itu dikatakannya kepada SIB melalui telepon, Minggu (2/12).

Basar mengatakan, sejak dibukanya penerbangan reguler internasional ke Bandara Silangit, turis mancanegara dan lokal mulai berdatangan ke kawasan Danau Toba. Sehingga diperlukan pelayanan maksimal termasuk transportasi di bandara.

"Turis mulai berdatangan harus kita sambut seperti raja. Apalagi kebanyakan turis itu belum punya rencana setibanya di Bandara Silangit, khususnya transportasi yang akan mereka gunakan. Jadi, beroperasinya bus Damri inisangat membantu," ujarnya.

Menurut informasi yang diterimanya, ada empat rute yang akan dibuka Damri, yakni Silangit-Hutaginjang, Silangit-Balige, Silangit-Parapat dan Silangit-Pematangsiantar.

"Selama sebulan uji coba, ongkos digratiskan untuk turis dan warga yang memiliki boardingpass. Keluar dari bandara menunjukkan boardingpass, baliknya dia bisa menunjukkan tiket mau ke Silangit," kata Basar.

Selain Damri, kata Basar, pihak Gojek juga sudah menyatakan kesiapannya mendukung transportasi dari Bandara Silangit ke kawasan Danau Toba.

Bahkan, kata dia,  BPODT juga telah menyurati Dinas Perhubungan Provinsi agar membuka trayek baru dari Bandara Silangit ke kawasan Danau Toba. Sehingga perusahaan angkutan swasta juga bisa beroperasi di kawasan Bandara Silangit.

"Kita berharap semakin banyak pihak yang berkontribusi dapat memajukan wisata Danau Toba dan target 1 juta wisatawan ke Danau Toba tahun 2019 dapat tercapai," katanya.

Basar yakin beroperasinya Damri dan moda transportasi lain di Bandara Silangit nantinya, tidak akan mengganggu angkutan lokal yang sebelumnya sudah ada.

"Justru kehadiran Damri dan lainnya nanti, bisa mendukung angkutan yang sudah ada dalam mengangkut para turis yang datang. Saya yakin kehadiran Damri, Gojek dan lainnya akan berdampak baik untuk perkembangan pariwisata Danau Toba," pungkasnya. (R19/d)

Penulis
: Admin
Editor
: Admin
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com