Eks Pegawai KPK Harap Febri Diansyah-Rasamala Mundur dari Pengacara Sambo


329 view
Eks Pegawai KPK Harap Febri Diansyah-Rasamala Mundur dari Pengacara Sambo
Foto : Ari Saputra/detikcom
Yudi Purnomo.

Jakarta (SIB)


Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo, menyarankan rekannya sesama eks pegawai KPK, Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, mundur dari tim pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Dia berharap Febri dan Rasamala mendengarkan suara publik.

"saya hormati putusan Da @febridiansyah & @RasamalaArt namun berharap mereka bisa mendengarkan suara publik, mau mengubah keputusannya dan mundur menjadi penasihat hukum para tersangka," tulis Yudi dalam akun Twitter-nya @yudiharahap46 seperti dilihat, Rabu (28/9).

Yudi telah mengizinkan cuitannya untuk dikutip. Dia mengatakan reaksi publik cenderung negatif terhadap keputusan Febri dan Rasamala masuk sebagai tim pengacara Ferdy Sambo.

"Reaksi publik saat ini cenderung negatif karena mereka berdua merupakan tokoh kepercayaan publik," tulisnya.

Jadi Pengacara Putri

Febri Diansyah mengatakan dia mendapat kuasa sebagai pengacara untuk Putri Candrawathi sejak beberapa minggu lalu. Dia mengaku bersedia membela Putri setelah mempelajari perkara tersebut.

"Saya memang diminta bergabung di tim kuasa hukum perkara tersebut sejak beberapa minggu lalu. Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri kepada wartawan.

Febri mengaku bakal melakukan pembelaan secara objektif. Dia juga menyatakan akan melakukan pembelaan secara faktual.

"Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," ucapnya.

Selain Febri Diansyah, mantan pegawai KPK Rasamala Aritonang bergabung sebagai kuasa hukum Ferdy Sambo. Rasamala mengatakan dirinya mau menjadi pengacara Sambo karena mantan Kadiv Propam Polri itu bersedia bersikap terbuka.

"Saya menyetujui permintaan menjadi penasihat hukum, pertimbangannya terutama karena Pak Ferdy telah bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya yang dia ketahui terkait kasus ini di persidangan nanti," ucapnya.

DIKENALKAN

Rasamala dan Febri diperkenalkan secara khusus sebagai tim pengacara keluarga Ferdy Sambo oleh Arman Hanis. Keduanya dikenalkan dalam jumpa pers perdana mereka sebagai pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Hotel Erian di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (28/9).

"Di samping kanan saya adalah rekan Febri Diansyah, yang rekan-rekan media pasti sudah sangat mengenal beliau ya," kata Arman.

"Dan di sebelah kanan Pak Febri adalah rekan Rasamala Aritonang. Saya juga yakin teman-teman sudah mengenal beliau," tambahnya.

Setelah konferensi pers, Febri dan Rasamala sempat dimintai wawancara oleh awak media. Febri mengatakan menjadi kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo merupakan pilihan profesional sebagai advokat.

"Jadi ini pilihan profesional. Pilihan profesional kami sebagai advokat sekaligus tentu saja apabila kami berbicara soal profesional menjadi advokat sekaligus berbicara dari segi etis," kata Febri kepada wartawan.

"Seluruh pengalaman kami selama ini seluruh proses belajar kami dalam pengalaman kerja dan interaksi selama ini itu pasti akan mempengaruhi bagaimana kami bisa menjadi kuasa hukum di sini," sambungnya.

Kemudian, ketika dimintai tanggapan terkait saran yang diberikan oleh Yudi untuk mundur sebagai pengacara keluarga Ferdy Sambo, Rasamala hanya merespons dengan senyuman. Sedangkan Febri langsung meninggalkan lokasi konferensi pers. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com