Enam Pejabat Bea Cukai, Kemendag dan Kemenperin Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Impor Baja

* Empat Direktur PT Krakatau Steel Juga Diperiksa

365 view
Enam Pejabat Bea Cukai, Kemendag dan Kemenperin Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Impor Baja
Foto: Bambang Noroyono/Republika
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Ketut Sumedana.  

Medan (SIB)

Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung memeriksa enam orang saksi terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya pada tahun 2016 hingga 2021.


Menurut Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Dr Ketut Sumedana dalam siaran persnya kepada wartawan via aplikasi WA,Kamis (12/5), menginformasikan keenam saksi yang diperiksa adalah B selaku Kepala Balai Laboratorium Bea dan Cukai Kelas II Surabaya,RO selaku Investigator Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dan BS selaku Direktur Industri Logam periode 2020 – 2022 pada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.


Kemudian WAP selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Perindustrian RI, DH selaku Pemproses Pertimbangan Teknis periode 2019 s/d 2020 pada Ditjen Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI dan DZA selaku Pemproses Pertimbangan Teknis periode 2019 s/d 2020 pada Ditjen Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI.


“Keenam orang tersebut diperiksa tim penyidik pada JAM-Pidsus Kejagung pada Selasa (10/5-2022) lalu, terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 s/d 2021,” kata Kapuspenkum Kejagung.


Disebutkan, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam impor besi atau baja, baja paduan dan produk turunannya tahun 2016 s/d 2021.


Dalam kasus terpisah, Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejaksaan Agung juga memeriksa empat orang saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pada Proyek Pembangunan Pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel pada tahun 2011.


Menurut Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Dr Ketut Sumedana, saksi-saksi yang diperiksa yaitu,OR selaku Direktur Logistik dan Pengembangan Usaha PT Krakatau Steel. AMS dan IP masing masing selaku Direktur SDM dan Pengembangan Usaha PT Krakatau Steel dan WS selaku Direktur Teknologi dan Pengembangan Usaha PT Krakatau Steel.


“Keempat orang yang menjabat sebagai direktur ini diperiksa terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pada Proyek Pembangunan Pabrik Blast Furnace oleh PT Krakatau Steel pada tahun 2011 oleh tim penyidik pada JAM-Pidsus Kejagung pada Selasa (10/5) kemarin,” sebut Kapuspenkum.


Dijelaskan,pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara tersebut. (BR1/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com