Endorser Termahal, Sekali Posting Minta Bayaran Rp2 Miliar


155 view
Umumnya, orang mengeluarkan uang banyak untuk mencoba produk kosmetik terkenal. Tapi, bagi seorang influencer dan selebriti terkenal, mereka malah dibayar mahal hingga bernilai jutaan.

Dikutip dari Cosmopolitan, Jumat (21/12), makeup artist terkenal, Jeffree Star, memperoleh penghasilan yang sangat besar hanya dengan menjadi endorser satu produk kosmetik di Instagram dan YouTube.

Jeffree mengaku bisa mendapatkan penghasilan US$150 juta atau Rp2,1 triliun dalam setahun hanya dengan menjadi endorser produk kosmetik.

Jika penghasilannya itu terdengar mengejutkan, kamu akan geleng-geleng kepala dengan bayarannya untuk satu produk kosmetik yang masih dia rahasiakan.
Melalui serangkaian cuitan di Twitter, Jeffree menulis bahwa satu merek kosmetik menawarkan bayaran US$165 ribu atau Rp2,3 miliar untuk mencoba salah satu produk mereka.

Itu berarti Jeffree menghasilkan uang Rp2 miliar hanya dengan mencoba satu produk kosmetik dan memperlihatkannya di Instagram atau Youtube dalam beberapa hari.

Sementara orang lain harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan uang sebesar itu selama bertahun-tahun.

Melalui Twitter, Jeffree mengungkapkan keinginan membuat video untuk menunjukkan apa yang terjadi di balik layar ketika merek kosmetik mensponsori seorang influencer. Termasuk berapa banyak seorang influencer dibayar.

"Ide membuat video ini sangat penting dan aku merasa lucu jika ada merek yang takut mengungkapkan berapa nilai uang yang mereka bayarkan kepada influencer. Tapi ini adalah iklan.

Sama seperti Pepsi membayar untuk tampil di sebuah film. Tapi perusahaan kosmetik tersebut ingin semuanya dirahasiakan. Aneh? Karena merek tersebut menawarkan bayaran US$165 ribu (Rp2,39 miliar) untuk menggunakan produk terbaru mereka," tulis Jeffree.

Sayangnya, Jeffree harus menelan kekecewaan tidak jadi memperoleh penghasilan fantastis itu karena merek kosmetik tersebut telah menarik tawaran itu.
Dalam cuitan di Twitter, Jeffree mengatakan bahwa merek kosmetik itu menarik kesepakatan karena mereka khawatir bahwa influencer lain akan iri dan kecewa dengan nilai uang yang akan dibayarkan kepadanya.

"Masih ingat rencanaku membuat video untuk mengungkapkan kesepakatan dengan sebuah merek kosmetik? Merek yang bekerja sama denganku itu telah membatalkan kesepakatan. Mereka takut bayaranku akan membuat influencer lainnya kecewa. Mereka tidak mau mengungkapkannya lagi," tulis Jeffree.
Meski bukan rahasia lagi jika Youtuber atau influencer bisa memperoleh penghasilan fantastis dengan menjadi endorser, namun nilai bayaran yang telah disepakati tidak pernah diungkapkan.

Forbes telah merilis daftar YouTuber dengan penghasilan tertinggi awal bulan ini. Menurut daftar tersebut, perkiraan pendapatan tahunan para YouTuber dan influencer itu sebesar US$22 juta (Rp318,68 miliar) untuk tahun 2018.

Jeffree Star sendiri masuk di urutan ke-5 dalam daftar tersebut dengan meraup penghasilan sebesar US$18 juta atau Rp260 miliar di tahun ini. (Dream/f)

Penulis
: admin
Editor
: admin
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com