Puncak Tahun Pemberdayaan di Gereja HKBP Teladan Medan

Ephorus: Presiden Jokowi Berdayakan Jemaat HKBP Luhut Binsar Pandjaitan Selamatkan Indonesia dari Covid


1.498 view
Ephorus: Presiden Jokowi Berdayakan Jemaat HKBP Luhut Binsar Pandjaitan Selamatkan Indonesia dari Covid
(Foto SIB/ Horas Pasaribu)
BERI BUNGA: Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar memberi bunga kepada anak sekolah minggu HKBP Teladan Resort Medan-1 yang juga murid sekolah dasar (SD) plus HKBP Teladan, pada acara pesta puncak tahun pemberdayaan HKBP, Minggu (21/11) di HKBP Teladan, Medan. 
Medan (SIB)
Gereja HKBP Teladan Resort Medan-1 menggelar pesta puncak tahun pemberdayaan HKBP 2021 yang dirangkai dengan pesta gotilon, Minggu (21/11) di HKBP Teladan Jalan Sederhana Kecamatan Medan Kota. Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar membawakan khotbah pada ibadah pesta tersebut.

Ephorus mengatakan, Ephorus menetapkan tahun 2021 sebagai tahun pemberdayaan HKBP. Pemberdayaan gereja, jemaat, agar jemaat bisa berbuah di tempat masing-masing. Terlebih HKBP Teladan sudah melakukan pemberdayaan untuk pendidikan sampai berdiri SD plus yang pintar berbahasa Inggris.

"Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kualifikasi anak-anak sekolah dasar. Sehingga HKBP Teladan bersama-sama pemerintah mencedaskan anak-anak bangsa. “Anak-anak sekolah dasar sudah pintar berbahasa Inggris, inilah pemberdayaan itu, selain pintar berbahasa Inggris saya lihat juga anak-anak pintar bernyanyi, karena mereka kelas plus tentu pintar matematika,” ucap Ephorus dalam sambutannya.

Badan Pendidikan HKBP yang dipimpin Ny Luhut Binsar Panjaitan sedang bekerja keras membangkitkan sekolah-sekolah yang dibina HKBP. Anak-anak HKBP yang ada di P Siantar, Tarutung dan Sibolga dilakukan bimbingan belajar untuk meluluskan mereka di perguruan tinggi negeri yang ternama di Indonesia.

Dikatakan Ephorus, lewat tahun pemberdayaan ini HKBP jadi bangkit. Pemerintah sedang memuji HKBP, karena banyak putra-putri HKBP yang bekerja membangun Indonesia. Terlebih lagi untuk mengatasi pandemi Covid-19, Presiden JokoWidodo mempercayakan kepada jemaat HKBP Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan.

“Pak Luhut Binsar Panjaitan bersama teman-temannya telah menyelamatkan kita dari Covid. Beliau bermohon kepada saya selaku Ephorus agar jemaat HKBP tetap mematuhi prokes. Kita harus menghindari agar di bulan Desember tidak terjadi lonjakan pandemi Covid. Malu kita nanti sebagai warga HKBP jika terjadi lonjakan Covid di Desember nanti. Jika situasi normal, kita akan kembalimemulai pembangunan yang sudah banyak tertinggal akibat Covid,” tegas Ephorus.

Ephorus juga menjelaskan tentang sentralisasi keuangan yang akan dimulai bulan Oktober tahun 2022. HKBP yang sudah berusia 160 tahun masih melakukan sistim desentralisasi keuangan sehingga terjadi ketimpangan. Sentralisasi dilakukan agar di semua lini dapat melakukan tugasnya. Untuk sampai ke tahap sentralisasi, pimpinan HKBP sudah mengangkat tim kaji, berapa sebulan kebutuhan HKBP.

Teristimewa untuk kepersonaliaannya, juga program pusat, distrik dan resort. Setelah diketahui berapa yang dibutuhkan setiap bulan maka dihitung, maka berapa yang harus diserahkan jemaat lewat persembahan ke pusat. Sehingga pelayan akan fokus melakukan pelayanannya agar jemaat bertumbuh di dalam iman.

“Karena pelayan kita nanti lulusan sarjana semuanya akan ditempatkan di seluruh gereja, sehingga tidak timpang. Tidak hanya jemaat di kota besar yang bisa bertumbuh, tapi semua jemaat HKBP imannya bertumbuh. Kalau ini terlaksana, para tenaga HKBP tidak hanya bekerja di internal, tapi sudah bisa dikirim melakukan misi ke daerah-daerah terpencil, bahkan ke luar negeri karena HKBP sudah bisa membiayainya. Tidak seperti sekarang, karena jumlah dana yang dikirim dari jemaat sangat kecil jumlahnya. Semua praeses, Majelis Pekerja Sinode (MPS) sudah setuju, sehingga dananya tidak akan ada lagi yang tersendat,” terangnya.

Dikatakannya, harapan Ephorus dengan jemaat itu sama, bagaimana HKBP ini ke depan makin maju. Terlebih para jemaat lebih tinggi, mereka sudah lama berseru bagaimana bisa memajukan HKBP. Makanya sentralisasi keuangan ini tidak hanya disetujui para pendeta dan ikut menyukseskannya.

Turut hadir Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh Pdt Henri Napitupulu MTh, pendeta dari HKBP Resort Medan-1 Pdt Robert Silaban STh, ketua panitia Goklas Butarbutar, Dr Pantas Silaban, anggota DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong, anggota DPRD Medan Dodi Robert Simangunsong, mantan anggota DPRD Medan Godfried Effendi Lubis, Boydo HK Panjaitan dan lainnya. (A8/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com