Terkait Wartawan HarianSIB.com Dikeroyok

Ephorus HKBP Minta Pelaku Kekerasan Ditindak

Polisi Masih Lakukan Pendalaman

644 view
Ephorus HKBP Minta Pelaku Kekerasan Ditindak
Foto Istimewa
Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Dr Robinson Butarbutar 
Tapanuli Utara (SIB)
Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Robinson Butarbutar meminta aparat hukum menindak pelaku kekerasan yang menimpa Wartawan harianSib.com Helman Tambunan (40) yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada 3 Agustus lalu.

Menurut Ephorus, hendaknya para penegak hukum bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku kepada pelaku kekerasan.

"Saya sangat menyesalkan tindakan kekerasan terhadap kaum jurnalis dan kita harus menyadari para jurnalis merupakan pewarta-pewarta peristiwa dan pemberi informasi kepada masyarakat luas," ujar Ephorus HKBP Pendeta Dr Robinson Butarbutar melalui Kabiro TIK, Pdt Fortunate SMM Siagian saat dihubungi soal wartawan HarianSIB.com melalui selulernya, Sabtu (7/8).

Ephorus juga mengaku menyesalkan terjadinya peristiwa kekerasan tersebut karena para jurnalis diketahui merupakan pewarta-pewarta yang memberikan informasi kepada masyarakat luas.

Ephorus menyampaikan harapan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder agar tidak menghalangi jurnalis dalam melaksanakan tugas-tugas peliputan.

"Kita berharap peristiwa seperti ini tidak akan terulang kembali dan juga para jurnalis kita harapkan agar mewartakan kebenaran," katanya.

Dalami
Sementara itu, polisi mengaku masih mendalami kasus dugaan pengeroyokan yang dialami wartawan SIB Helman Tambunan (40) warga Kabupaten Tapanuli Tengah dan dua anggota LSM Infus Hutapea (50) warga Sibolga dan Amin Jemayol (37) warga Tapteng, yang diduga terjadi di lokasi pekerjaan pembangunan Pasar Sibolga Nauli di Jalan Patuan Anggi Sibolga, Selasa (3/8) lalu.

Ketika dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler, Sabtu (7/8), Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pihak Polres Sibolga sudah menerima dua laporan berbeda terkait kejadian itu.

“Polres Sibolga sudah menerima dua laporan yang berbeda, sekarang sedang didalami," katanya.

Sebelumnya, Helman Tambunan diduga mengalami penganiayaan di lokasi pekerjaan pembangunan Pasar Sibolga Nauli di Jalan Patuan Anggi Sibolga, Selasa (3/8). Selain Helman, Infus Hutapea dan Amin Jemayol disebut-sebut juga mengalami penganiayaan, dengan luka di bagian kepala.

Informasi diperoleh, ketiganya mendatangi lokasi proyek pekerjaan pembangunan Pasar Sibolga Nauli untuk konfirmasi pemberitaan. Di lokasi proyek itu, ketiganya diduga terlibat keributan yang berujung dengan perkelahian. (F3/A16/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com