Forkopimda Sumut Dukung Penertiban KJA Oleh Pemkab Simalungun

* Minta Masyarakat dan Kabupaten Lain Lakukan Hal Sama

371 view
Forkopimda Sumut Dukung Penertiban KJA Oleh Pemkab Simalungun
Foto: SIB/Bambang J Sitanggang
PENERTIBAN: (Dari kiri) Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Agus, Bupati Simalungun JR Saragih, Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak berada di atas kapal melihat proses penertiban keramba jaring apung yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun di Huta Sualan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Rabu (14/4).

Simalungun (SIB)

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumatera Utara (Forkopimda) Sumatera Utara mendukung kegiatan penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun.


Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Agus, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Binsar Situmorang kepada para wartawan usai menyaksikan kegiatan penertiban KJA di Huta Sualan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Rabu (14/4).


Lebih lanjut disampaikan Kapolda bahwa dianya bersama Pangdam, mewakili Gubernur, Wakajatisu datang ke Simalungun untuk melihat langsung proses penataan KJA.


Menurutnya hari Ini menjadi momen penting karena dianya melihat kesadaran masyarakat untuk menata KJA sebagai bagian langkah untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.


"Momen ini diharapkan dapat diikuti masyarakat lainnya yang ada di kawasan Danau Toba," harap Kapolda.


Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Binsar Situmorang mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan hari ini, karena kita memulai membersihkan Danau Toba secara bertahap dimulai dari Simalungun dan diharapakan akan diikuti kabupaten lainnya, harap Binsar.


Sementara itu Bupati Simalungun JR Saragih menyampaikan terima kasih kepada Kapoldasu, Pangdam, Wakajatisu, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara atas dukungan yang diberikan dalam hal penataan dan penertiban KJA di perairan Danau Toba khususnya di Simalungun.


JR Saragih mengatakan secara bertahap KJA para warga akan ditertibkan, ujarnya.


Tertibkan

Pemkab Simalungun menertibkan 171 kotak KJA di perairan Danau Toba Dusun Sualan Nagori (Desa) Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Rabu (14/4).


Penertiban KJA disaksikan Kapolda Sumatera Utara Irjend Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjend TNI Hassanudin, Wakil Kepala Kejati (Wakajati) Sumut Agus, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik dan Pemerintahan Sumut Binsar Situmorang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simalungun dan tokoh masyarakat Sualan serta para pemilik KJA.


Sebelum pelaksanaan penertiban KJA, Bupati Simalungun JR Saragih didampingi (Forum Koordinasi Kecamatan) Girsang Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon di depan para hadirin menyampaikan, program penertiban KJA dari perairan Danau Toba merupakan program nasional yang sudah direncanakan beberapa tahun lalu dan sebelumnya sudah disosialisakan kepada petani KJA.


"Sesuai dengan hasil kesepakatan, hari ini 20 persen KJA berukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter di Dusun Sualan akan diangkat ke daratan dan diberi kompensasi Rp 5 juta per unit KJA dan meminta masyarakat agar bekas bongkaran KJA tidak mengembalikan bekas KJA ke Danau Toba lagi untuk dijadikan KJA kembali," katanya.


Untuk hari ini, kata JR, 8 pemilik keramba akan menerima biaya kompensasi KJA dan untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Forkopimcam untuk memastikan siapa penerima manfaat biaya kompensasi KJA.


JR menyampaikan, selama 4 hari ke depan, Pemkab Simalungun akan membersihkan 20 persen KJA di Danau Toba Dusun Sualan dan penertiban KJA akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai 40 persen.


Sementara informasi dari Camat Girsang Sipangan Bolon Simalungun Marwandi Josua Simaibang total jumlah KJA di pesisir pantai Danau Toba Wilayah Nagori Sibaganding 979 kotak dan 40 persen akan ditetibkan. "Untuk saat ini 171 KJA di Dusun Sualan ditertibakan dan seoanjutnya 3 kotak di Dusun Panahatan dan 51 di Dusun Sibaganding," katanya.


Tokoh masyarakat Dusun Sualan Nagori (desa) Sibaganding Maludin Saing yang juga pemilik KJA dalam sambutannya mengatakan, merasa sedih, KJA di Dusun Sualan harus ditertibkan, namun tetap bersyukur karena penertiban KJA hanya 40 persen saja dan masih dapat dikelola sebagai mata pencaharian masyarakat.


Ia mengakui para pemilik KJA di Dusun Sualan menyetujui penertiban 40 persen KJA di Dusun Sualan dan meminta agar sisa pembongkaran jaring apung dapat dimanfaatkan pemilik untuk kandang peternakan.


Acara dirangkai dengan penyerahan biaya kompensasi kepada pemilik KJA Sualan, Laurensius Situmorang, Luhut Bakkara, Erikson Silalahi, Birton Sidabutar, Maludin Saing, Bernandes Sidabutar, N Bakkar dan Paiyan Sinaga.


Pengamatan di lokasi, tampak Bupati Simalungun JR Saragih dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak langsung memimpin penertiban dengan menarik ratusan KJA menggunakan kapal ke daratan dan tampak penertiban berjalan lancar. (D9/D4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com