* Corona Mengganas, Warga Jepang Ramai-ramai Tinggalkan Indonesia

Gantikan India, Indonesia Dijuluki Episenter Baru Pandemi Covid-19 di Asia

* Filipina Larang Pendatang dari RI Cegah Varian Delta

187 view
Gantikan India, Indonesia Dijuluki Episenter Baru Pandemi Covid-19 di Asia
Sumber Foto: RRI.co.id.
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Wabah Covid-19 yang terus meluas membuat Indonesia kini dianggap sudah jadi episenter pandemi Covid-19 di Asia, menggantikan India, yang beberapa bulan lalu mengalami lonjakan tajam gelombang tsunami Covid-19.

Sebagai perbandingan, pada Selasa (13/7), Indonesia mencatatkan rekor 47.899 kasus baru Covid-19. Sementara itu, India pada hari yang sama melaporkan 40.215 kasus baru Covid-19.

Ada beberapa negara di Asia yang sebelumnya dianggap menjadi episenter pandemi Covid-19. Dimulai China pada awal 2020, menyusul Amerika Serikat, Brasil, India, dan belakangan ini Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh worldometers, berikut beberapa negara yang saat ini menjadi episenter pandemi per wilayah berdasarkan data harian 13 Juli 2021:

1. Asia
Indonesia menduduki peringkat pertama negara dengan jumlah kasus Covid-19 baru terbanyak, yaitu 47.899. Disusul oleh India, yang melaporkan 40.215 kasus baru, Iran dengan 22.750 kasus baru, Bangladesh 12.198 kasus baru, dan Malaysia 11.079 kasus baru.

2. Amerika Utara
Di bagian Amerika Utara, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 harian terbanyak mencapai 28.923. Disusul Kuba dengan 5.613 kasus baru Covid-19, Meksiko 3.074 kasus, Guatemala 2.963 kasus, dan Kosta Rika 1.569 kasus.

3. Amerika Selatan
Brasil juga masih menjadi episenter pandemi di wilayah Amerika Selatan dengan 45.094 kasus baru Covid-19. Berikutnya ada Argentina yang melaporkan 20.023 kasus, Kolombia 17.532 kasus, Ekuador 2.468 kasus, dan Peru 2.010 kasus.

4. Eropa
Spanyol jadi negara penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Eropa mencapai 43.960 kasus. Kemudian ada Inggris yang mencatat 36.660 kasus, Rusia 24.702 kasus, Belanda 7.821 kasus, dan Prancis 6.950 kasus.

5. Afrika
Afrika Selatan menjadi episenter pandemi di Benua Afrika dengan catatan harian 12.535 kasus Covid-19. Tunisia berada di posisi kedua dengan laporan 8.473 kasus, Zimbabwe 2.845 kasus, Libya 2.640 kasus, dan Maroko 1.897 kasus.

Tinggalkan Indonesia
Di tengah mengganasnya virus Corona di Indonesia, sejumlah warga Jepang akan meninggalkan Indonesia kemarin dengan menggunakan penerbangan khusus.

Seperti diberitakan media Jepang, Nikkei Asia, Rabu (14/7), Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan mendukung penerbangan khusus bagi warga yang ingin pulang dari Indonesia, yang tengah mengalami lonjakan kasus infeksi virus Corona.

"Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan ... sehingga orang-orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," katanya kepada para wartawan.

Kato mengatakan beberapa warga Jepang di Indonesia akan terbang pulang pada hari Rabu (14/7) dengan penerbangan khusus yang diatur oleh maskapai Jepang, yang didukung oleh pemerintah.

"Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," imbuhnya.
Kato menambahkan, mereka yang kembali dari Indonesia akan diminta untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona, termasuk karantina 10 hari di fasilitas yang ditunjuk.

Untuk Vaksinasi
Sejumlah warga negara Jepang yang tinggal di Indonesia ramai-ramai kembali ke negara asalnya. Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, menjelaskan alasannya.

"Dalam situasi pandemi yang sangat sulit bagi kita semua, sebagian warga negara Jepang di Indonesia akan kembali ke Jepang untuk mengikuti program vaksinasi di Jepang yang akan dimulai pada 1 Agustus mendatang," tulis Dubes Kanasugi di akun Instagram miliknya, Rabu (14/7).

Menurut Dubes Kanasugi, WN Jepang masih kesulitan mendapatkan vaksin di Indonesia. Mereka disebut akan kembali lagi ke Indonesia seusai vaksinasi.

"Hal ini dikarenakan masih sulitnya warga negara asing di Indonesia untuk mendapatkan vaksin di Indonesia. Namun mereka akan kembali ke Indonesia setelah mendapatkan vaksin di Jepang," ungkapnya.

Sebelumnya, media Jepang, NHK melaporkan bahwa dari tanggal 26 Juni sampai 12 Juli 2021 ada sembilan warga Jepang di Indonesia yang meninggal dunia akibat terjangkit virus Corona. Keterangan tersebut didapat dari Kedubes Jepang di Indonesia. Kedubes Jepang menambahkan, beberapa dari yang meninggal tersebut berusia 30-an sampai 40-an tahun.

Indonesia mencatat 47.899 kasus baru Covid-19 pada hari Selasa (13/7), yang merupakan rekor harian. Di hari yang sama kemarin, Indonesia juga melaporkan 864 kematian baru.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa jumlah kasus diperkirakan akan melonjak seiring peningkatan testing yang dilakukan.

Mengawali penjelasannya perihal testing, BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, mengakui aspek itu belum maksimal. Walaupun belakangan pemerintah terus mendorong kapasitas testing telah dinaikkan hingga mencapai 200 ribu.

Larang
Sementara itu, Pemerintah Filipina melarang para pendatang yang berasal dari atau punya riwayat singgah ke Indonesia, dengan alasan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) varian Delta.

Dilansir Reuters, Rabu (14/7), keputusan itu disampaikan oleh Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Harry Roque.
Harry mengatakan larangan perjalanan pendatang dari Indonesia itu akan diberlakukan pada 16 sampai 31 Juli. (Detikcom/CNNI/Detikheatlh/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com