Gedung F Kantor BPOM Terbakar, Polisi Lakukan Penyelidikan


125 view
Gedung F Kantor BPOM Terbakar, Polisi Lakukan Penyelidikan
Foto: Dok. Damkar Jakarta Pusat
Proses pemadaman api di Kantor BPOM Jakarta
Jakarta (SIB)
Gedung F di kawasan Kantor BPOM kebakaran kemarin malam. BPOM buka suara atas peristiwa tersebut.

Ada empat poin yang disampaikan BPOM terkait peristiwa kebakaran tersebut. BPOM menerangkan kebakaran terjadi di lantai 1 Gedung F Barat BPOM Jakarta.

"Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB di Lantai 1 Gedung F Barat Badan POM Jakarta, di mana pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik," demikian salah satu penjelasan BPOM melalui situs resmi, dilihat pada Senin (19/7).

BPOM belum menjelaskan secara rinci terkait fungsi gedung yang terbakar itu. BPOM menjelaskan saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi.

"Badan POM menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, khususnya petugas pemadan kebakaran dan kepolisian setempat yang bergerak cepat untuk memadamkan api serta mengamankan situasi di lokasi kebakaran," tulis BPOM.

Berikut ini penjelasan lengkap BPOM:

1. Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB di Lantai 1 Gedung F Barat Badan POM Jakarta, di mana pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik.

2. Pada sekitar pukul 22.00 WIB, api sudah berhasil dipadamkan dengan melibatkan 8 unit mobil pemadaman kebakaran dan 9 unit mobil penunjang dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat.

3.Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di Badan POM.

4.Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru.

Kerugian akibat kebakaran di kantor BPOM, Jakarta Pusat, ditaksir mencapai Rp 600 juta. Tak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

"Taksiran Kerugian: -+ Rp 600 juta," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat ) Jakarta Pusat, Asril Rizal, dalam keterangan tertulis, Senin (19/7).

Asril menyebut kebakaran diduga dipicu korsleting listrik. Selain itu, sempat muncul ledakan saat MCB dinaikkan.

"Sedang ada perbaikan panel di lorong F Timur dan F Barat. Namun ketika menaikkan MCB, timbul ledakan. Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman karena asap yang ditimbulkan pekat petugas Kewalahan melakukan pemadaman," kata Asril.

Selidiki
Polisi masih menyelidiki kebakaran di Gedung F kantor Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Jakarta Pusat. Pihak BPOM kini dijadwalkan untuk diperiksa.

Kapolsek Johar Baru Kompol Edison mengatakan pihak BPOM yang diperiksa merupakan penanggung jawab 5 pekerja panel listrik di lokasi yang sebelumnya telah diperiksa. Pemeriksaan kepada pihak BPOM itu dijadwalkan pekan ini.

"Dari pihak BPOM itu yang dari (penanggung jawab) pekerja itu siapa. Hubungannya kepada pekerja itu," kata Edison saat dihubungi, Selasan (20/7).

Untuk itu, pemeriksaan pihak BPOM, khususnya pegawai yang menjadi penanggung jawab kelima saksi tersebut penting untuk dilakukan.

"Kan kita kemarin meriksa saksi-saksi dulu kemarin, terus hubungannya gimana, hubungan kerjanya gimana, hubungan kerja ini sama BPOM gimana," katanya. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com