Gemapsi Laporkan Lima Proyek Dinas BMBK Sumut di Simalungun ke KPK


573 view
Gemapsi Laporkan Lima Proyek Dinas BMBK Sumut di Simalungun ke KPK
Foto: Dok/Gemapsi
AMBRUK: Tembok atau dinding penahan tanah di Saribu Asih, Kecamatan Hatonduhan, Simalungun, merupakan proyek Dinas BMBK Sumut tahun anggaran 2021 sudah ambruk. 

Simalungun (SIB)

Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) melaporkan lima paket proyek Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Siantar (UPTJJS) Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara yang dikerjakan pada tahun anggaran 2021 dan berlokasi di Kabupaten Simalungun ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Ketua Gemapsi, Anthony Damanik kepada wartawan, Rabu (13/7) melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, kelima proyek tersebut antara lain proyek pembangunan jembatan provinsi Km 137 + 800 pada ruas Jalan Provinsi Pematangsiantar - Tanah Jawa di Kabupaten Simalungun dengan anggaran Rp 10,4 miliar.


Kemudian pembangunan Turap/Talud/Bronjong pada ruas jalan Provinsi Pematangsiantar - Tanah Jawa dengan anggaran Rp 2,99 miliar, proyek pembangunan drainase pada ruas jalan Provinsi Saran Padang dengan anggaran Rp 3,99 miliar. Selanjutnya proyek peningkatan struktur pada ruas Jalan Provinsi Simpang Raya - Sipintuangin-Pelabuhan Tigaras dengan anggaran Rp 17,2 miliar.


Selanjutnya dugaan korupsi yang dilaporkan yaitu pembangunan Turap/Talud/Bronjong pada ruas jalan provinsi di Kabupaten Simalungun dengan anggaran Rp 6,49 miliar. Keseluruhan proyek tersebut dikatakan minim kualitas.


Berdasarkan hasil investigasi Gemapsi, pada lima pekerjaan Dinas BMBK yang berada di Simalungun, diduga berpotensi merugikan keuangan negara Rp 7 miliar. Mereka meminta KPK dapat memproses laporan dan menindak oknum-oknum yang terlibat dalam dugaan korupsi tersebut.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com