Gempa M 6,3 Guncang Afghanistan, 120 Orang Tewas-Ribuan Terluka


226 view
Gempa M 6,3 Guncang Afghanistan, 120 Orang Tewas-Ribuan Terluka
Foto: Getty Images/iStockphoto/SteveCollender
Ilustrasi 

Jakarta (SIB)

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,3 mengguncang Afghanistan mengakibatkan sebanyak 120 orang dilaporkan tewas.

Dilansir AFP, Minggu (8/10), Survei Geologi Amerika Serikat Herat mengatakan, pusat gempa berada 40 kilometer (25 mil) barat laut kota terbesar di kawasan itu. . Gempa ini terjadi pada Sabtu (7/10) pagi waktu setempat dan diikuti oleh delapan gempa susulan dengan kekuatan antara 4,3 dan 6,3. "Sejauh ini, lebih dari 1.000 perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia yang terluka telah dimasukkan dalam catatan kami, dan sekitar 120 orang telah kehilangan nyawa mereka," kata Kepala Penanggulangan Bencana Provinsi Herat, Mosa Ashari, kepada AFP.

Kerumunan warga meninggalkan bangunan di Herat sekitar pukul 11.00 waktu saat gempa mulai terjadi. "Kami sedang berada di kantor dan tiba-tiba gedung mulai berguncang," kata Bashir Ahmad, seorang warga berusia 45 tahun, kepada AFP. Dia mengatakan, plester tembok mulai rontok dan tembok retak. Dia menambahkan sebagian tembok dan sebagian bangunan roboh.

"Saya tidak dapat menghubungi, keluarga saya, koneksi jaringan terputus. Saya terlalu khawatir dan takut, itu mengerikan," kata dia. Sesaat setelah gempa terjadi, laki-laki, perempuan dan anak-anak berdiri di jalan-jalan yang lebar, jauh dari gedung-gedung tinggi. Mereka tetap berhati-hati untuk kembali ke rumah ketika gempa susulan bergemuruh selama berjam-jam.

"Situasinya sangat mengerikan, saya belum pernah mengalami hal seperti ini," kata Idrees Arsala, siswa berusia 21 tahun, orang terakhir yang berhasil mengevakuasi kelasnya dengan selamat saat gempa mulai terjadi.(detikcom)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com