Gempa Mematikan Guncang Afghanistan, Hampir 1.000 Orang Tewas

* Rumah Warga Rusak dan Jadi Puing-puing

305 view
Gempa Mematikan Guncang Afghanistan, Hampir 1.000 Orang Tewas
Foto: Bakhtar News Agency via Associated Press/nytimes
HANCUR: Suatu foto yang dirilis kantor berita pemerintah Bakhtar tentang kehancuran rumah yang disebabkan gempa bumi di Provinsi Paktika, Afghanistan Timur, Rabu (22/6).

Jakarta (SIB)

Korban gempa bumi berkekuatan 6,1 yang mengguncang Afghanistan pada Rabu (22/6) pagi mencapai 950 orang dan lebih dari 600 orang lainnya luka-luka.


"Sejauh ini, informasi yang kami punya setidaknya 950 orang tewas dan 600 mengalami luka-luka," ujar Wakil Menteri Pengelolaan Bencana Afghanistan rezim Taliban, Sharifuddin Muslim kepada AFP.


Pemimpin Tertinggi Afghanistan di tangan Taliban, Haibatullah Akhunzada mengatakan, korban tewas akibat gempa diperkirakan masih akan terus bertambah lantaran tim SAR masih mencari orang hilang dan menggali bangunan-bangunan yang runtuh.


Pihak berwenang Afghanistan mengatakan, banyak rumah dan bangunan rusak dan orang-orang masih terjebak di dalamnya.


Foto-foto dan klip video yang diunggah di media sosial memperlihatkan banyak rumah yang hancur dan rusak parah di daerah pedesaan terpencil.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com