Gerak Cepat Pemerintah Kendalikan Wabah PMK dengan Vaksinasi


329 view
Gerak Cepat Pemerintah Kendalikan Wabah PMK dengan Vaksinasi
Foto: Shutterstock
Ilustrasi.

Jakarta (SIB)

Sejak pertama ditemukan pada April lalu, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terus meluas, padahal Hari Raya Iduladha sudah di depan mata. Per 21 Juni 2022, sebanyak 214.991 ekor ternak terkonfirmasi PMK dengan 67.726 di antaranya berhasil sembuh.


Usai Gresik melaporkan kasus pertama PMK, wabah ini dengan cepat meluas ke berbagai wilayah Indonesia. Tak kurang dari 19 provinsi mengkonfirmasi PMK atau tersebar di 208 kabupaten dan juga di kota. Laporan kasus tertinggi terdapat di lima provinsi.


Pertama ada di Jawa Timur dengan laporan kasus ternak yang sakit mencapai 80.000. Kemudian diikuti Nusa Tenggara Barat (NTB) yang melaporkan jumlah kasus sebanyak 31.000, Aceh melaporkan kasus yang cukup tinggi mencapai 28.000 kasus, Jawa Barat 26.000 kasus dan Jateng sekitar 25.000 kasus yang dilaporkan pemerintah daerah setempat.


Sementara itu berdasarkan data dari siaga pmk.ac.id, jumlah hewan yang sakit terus bertambah. Pertanggal 21 Jun 2012 sebanyak 214.991 ekor ternak. Jumlah ini cukup besar jika dibandingkan pada bulan April-Oktober atau laporan pertama.


Mulai dari yang sakit adalah sapi kemudian kerbau hingga kambing.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com