Gereja Inggris Tolak Layani Pernikahan Gay dan Lesbian


270 view
Gereja Inggris Tolak Layani Pernikahan Gay dan Lesbian
Foto : iStockphoto/Orbon Alija
Ilustrasi 

London (SIB)

Gereja Inggris menolak melayani pernikahan sesama jenis, gay dan lesbian. Mereka meyakini pernikahan hanya bisa dilakukan antara laki-laki dan perempuan. Keputusan baru ini tertuang dalam proposal yang dirilis di situs gereja Inggris pada Rabu (17/1) waktu setempat.

"Pasangan sesama jenis masih belum bisa menikah di Gereja Inggris," demikian pernyataan tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (20/1).

Dalam proposal itu, para uskup baru bisa memberi izin pemberkatan pernikahan di gereja usai pasangan sesama jenis melakukan pernikahan secara sipil.

"Pasangan sesama jenis bisa menggelar kebaktian di mana akan ada doa pengabdian, ucapan syukur atau untuk berkat Tuhan atas pasangan tersebut. Namun, layanan itu pun bersifat sukarela. Artinya, para pemimpin spiritual bisa memilih tidak memberikan berkat dalam pernikahan sesama jenis di gereja,” bunyi proposal yang dirilis itu.

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby mengatakan, keputusan gereja mungkin menimbulkan kontroversi. "Saya tak berangan-angan bahwa apa yang kami usulkan hari ini tampak progresif bagi beberapa orang dan tak cukup bagi orang lain. Namun, harapan saya bahwa apa yang sudah kita sepakati bakal diterima dalam semangat kemurahan hati, mencari kebaikan bersama," kata Welby.

Proposal tersebut muncul usai para uskup melakukan serangkaian pertemuan dalam beberapa bulan terakhir membahas pernikahan sesama jenis. Topik pernikahan sesama jenis menjadi perdebatan di dalam gereja selama enam tahun belakangan.

Badan Pengurus Gereja Inggris, Sinode Umum, berharap bisa membahas proposal itu secara rinci dan meresmikannya saat pertemuan Februari mendatang. Inggris mengesahkan pernikahan sesama jenis pada 2013 lalu. Namun, keputusan ini tak disambut semua pihak terutama pemuka agama dan tokoh-tokoh gereja. (Rtr/CNNI/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com