Gereja KGPM Berulangkali Dibakar, Pelaku Belum Juga Ditemukan


516 view
Gereja KGPM Berulangkali Dibakar, Pelaku Belum Juga Ditemukan
Foto: Dok/Kompas
DIBAKAR: Pengurus gereja menunjukkan kondisi gedung gereja Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) yang diduga dibakar orang tak dikenal (OTK) di Jalan Kebun Sari, Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa (13/6). 

Sigi (SIB)

Pembakaran rumah ibadah Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) yang terletak di Jalan Kebun Sari, Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah kembali terjadi, Selasa (30/5) pukul 09.42 WITA diduga dilakukan orang tak dikenal (OTK).

Kaleb Tokii, Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah, mengatakan bahwa kasus ini telah dilaporkan ke pihak kepolisian.

Menurut pernyataan Kaleb, gedung Kerapatan Gereja Protestan Minahasa telah dibakar sebanyak 3 kali oleh orang yang tak dikenal. “Pernah dibakar sampai rata tanah, dan kali ini hanya bagian dalamnya yang dibakar,” katanya, Selasa (13/6).

Adapun beberapa yang dibakar meliputi mimbar pelayanan, meja, kotak persembahan, karpet altar, kain latar belakang mimbar, kain taplak mimbar, hingga foto gambar Tuhan Yesus.

Menurut Kaleb, meskipun terjadi kebakaran tersebut, gereja KGPM tetap digunakan untuk kegiatan ibadah setiap hari Minggu.

“Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) gereja itu sudah digunakan dengan kondisi seadanya,” imbuhnya.

Salah satu anggota DPR RI, Matindas Janus Rumambi mengatakan, kasus ini telah terjadi berulang kali. Tetapi polisi masih belum bisa mengungkapkan siapa pelaku di balik kejadian pembakaran rumah ibadah gereja KGPM.

“Kepolisian harusnya lebih serius, apa pun rumah ibadah siapa pun itu harus diseriusi. Dalam menangani kasus seperti itu. Ini merupakan pelanggaran serius, harus diusut,” tegas Matindas.

Setelah kejadian ini, Polres Sigi telah melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Ferry Triyanto, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Sigi, menyatakan bahwa beberapa saksi yang berada di sekitar area, termasuk petugas keamanan yang bertugas menjaga gedung, telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

“Rekaman CCTV (Closed Circuit Television) gudang yang berdekatan dengan gedung tersebut telah diambil untuk dijadikan bahan penyidikan. Pelaku pembakaran belum dapat kami tetapkan karena masih dalam pengembangan,” pungkasnya. (kompas/jawaban/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com