Gertak China, NATO Kerahkan Militer ke Asia-Pasifik


227 view
Gertak China, NATO Kerahkan Militer ke Asia-Pasifik
Foto: AFP/KENZO TRIBOUILLARD
NATO menggertak China dengan mengerahkan militer di kawasan Asia-Pasifik karena khawatir akan kekuatan Negeri Tirai Bambu di kawasan itu.

India (SIB)

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggertak China dengan mengerahkan militer di kawasan Asia-Pasifik karena khawatir akan kekuatan dan pengaruh Negeri Tirai Bambu di kawasan itu. Angkatan Udara Jerman mengirim 13 pesawat militer ke wilayah tersebut untuk pertama kalinya.


Pengerahan ini merupakan serangkaian latihan militer bersama yang disebut Pitch Black di Australia. "Kami ingin menunjukkan bahwa kami bisa berada di Asia dalam sehari," ujar kepala staf Angkatan Udara Jerman Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, seperti dilansir dari South China Morning Post, Minggu (28/8).


Pesawat militer Jerman juga akan terbang dalam latihan bersama di Singapura. Kemudian dalam jumlah yang lebih sedikit, pesawat itu bakal mengunjungi Korea Selatan dan Jepang. Sementara itu, Prancis juga terlibat dalam latihan gabungan di Negeri Kangguru.


Misi ini disebut dirancang untuk pamer kekuatan udara jarak jauh. Duta Besar Prancis untuk India, Emmanuel Lenain, mengatakan misi tersebut menunjukkan Paris dan Eropa tidak mengurangi komitmen terhadap Indo-Pasifik meski situasi keamanan Benua Biru tidak menentu.


Prancis juga mengirim pesawat ke Kaledonia Baru, dan sempat singgah di India. Lebih lanjut, Lenain menerangkan Prancis adalah kekuatan Indo-Pasifik. "Dan proyeksi kekuatan udara jarak jauh yang ambisius ini menunjukkan komitmen kami terhadap kawasan dan mitra kami," kata dia.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com