Euro 2020

Gol Dianulir VAR, Swiss Gagal Kalahkan Wales

Inggris Siap Balas Dendam Lawan Kroasia

234 view
Gol Dianulir VAR, Swiss Gagal Kalahkan Wales
Foto Twitter @EURO2020
CETAK GOL: Penyerang Wales, Kieffer Moore (nomor 13) mencetak gol lewat sundulan ke gawang Swiss pada laga Grup A Euro 2020 di Stadion Olympic, Baku, Sabtu (12/6).Skor berakhir seri 1-1.
Baku (SIB)
Swiss dipaksa bermain seri kontra Wales pada pertandingan Grup A Euro 2020 di Stadion Olympic, Baku, Sabtu (12/6). VAR menganulir gol kemenangan Swiss di pengujung laga sehingga laga berakhir seri 1-1.

Swiss memegang kendali pertandingan ini. Gempuran demi gempuran dilakukan Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan untuk mencetak angka. Total ada 11 peluang diciptakan Swiss, sedangkan Wales hanya mencetak 3 peluang.

Dominasi Swiss juga terlihat dari penguasaan bola.Namun sayang, peluang-demi peluang yang didapat gagal dikonversi jadi gol karena penyelesaian akhir yang buruk.

Sejak menit pertama, Wales langsung mengambil inisiatif menyerang dan mampu mengontrol jalannya permainan. Sementara, Swiss lebih memaksimalkan serangan balik.

Perlahan, Swiss mengambil alih jalannya permainan. Swiss berupaya untuk terus membongkar pertahanan Wales lewat permainan pendek dari kaki ke kaki. Swiss terus menekan dengan menerapkan strategi high pressing. Sebaliknya, Wales seperti kehabisan ide untuk melancarkan serangan dan sibuk menahan serangan Swiss yang datang bertubi-tubi. Namun, tidak ada gol tercipta sampai waktu istirahat.

Usai turun minum, Swiss langsung tancap gas. Empat menit babak kedua berjalan, Swiss memecah kebuntuan lewat gol Breel Embolo. Umpan Xherdan Shaqiri dimanfaatkan Embolo lewat sundulan untuk mencetak gol.

Tertinggal 0-1, Wales mencoba bangkit. Gol penyeimbang lahir menit ke-74. Bermula dari sepak pojok yang dilepas Daniel James yang diakhiri sundulan Moore untuk mencetak gol.

Swiss sebenarnya kembali unggul lima menit jelang laga usai. Mario Gavranovic mencetak gol usai menerima umpan Embolo. Namun lewat Video Assistant Referee (VAR), gol dianulir karena Gavranovic dinilai offside. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Wales: Danny Ward; Connor Roberts, Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Joe Morrell, Joe Allen, Aaron Ramsey; Gareth Bale, Kieffer Moore, Daniel James.

Swiss: Yann Sommer; Manuel Akanji, Fabian Schaer, Nico Elvedi; Ricardo Rodriguez, Remo Freuler, Granit Xhaka, Kevin Mbabu; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo.

BALAS DENDAM
Duel seru akan tersaji pada matchday 1 Grup D Euro 2020 saat Inggris menjamu Kroasia di Wembley Stadium, London, Minggu (13/6) pukul 20.00 WIB. Inggris mengusung misi balas dendam setelah Kroasia menyingkirkan mereka di semi final Piala Dunia 2018 lalu.

Performa Inggris cukup memukau sejauh ini. Dalam dua uji coba sebelum Euro, pasukan Gareth Southgate mengalahkan Austria dan Rumania dengan skor 1-0. Gol tunggal Bukayo Saka memberi kemenangan atas Austria, dan setelah itu Rumania ditekuk lewat penalti Marcus Rashford.

Gareth Southgate yakin timnya bisa melaju jauh di Euro 2020 karena memiliki skuad yang lengkap. Kombinasi pemain muda dan pemain senior akan menjadi andalannya untuk mengarungi Piala Eropa 2021.

"Kami harus menunjukkan bahwa skuad ini memiliki apa yang dibutuhkan untuk menang. Beberapa pemain muda kami memiliki pengalaman di pertandingan besar. Kami akan berusaha mencapai performa terbaik selama empat minggu ke depan," kata Southgate dikutip dari The Guardian.

Di sisi lain, persiapan Luka Modric dan kawan-kawan kurang bagus. Dalam dua uji coba sebelum Euro, Kroasia cuma imbang 1-1 dengan Armenia, di mana satu golnya dicetak oleh Ivan Perisic, dan takluk 0-1 dari Belgia.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic, mengakui bahwa timnya juga tidak diunggulkan. Kendati demikian, dia memastikan bahwa Vatreni (julukan Kroasia) tidak bisa diremehkan dan akan berusaha membuat kejutan.

"[Inggris] adalah salah satu favorit untuk memenangkan Euro. Mereka memiliki tim yang sangat baik, banyak pemain top, terutama dalam serangan. Kami harus menghentikan mereka dan itu tidak akan mudah, terutama karena kami akan bermain di Wembley," kata Zlatko Dalic.

Inggris dan Kroasia berada di grup yang cukup sulit bersama Skotlandia dan Republik Ceko. Inggris maupun Kroasia pasti sama-sama menginginkan hasil terbaik di laga pembuka. Namun, main Wembley bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Tiga Singa.

Inggris dan Kroasia sudah enam kali berjumpa sejak 2018 dengan catatan tiga kemenangan untuk Inggris, dua kemenangan untuk Kroasia dan satu hasil seri. Inggris layak jadi unggulan karena materi pemainnya lebih baik. Prediksi, Inggris menang 1-0.

Perkiraan Susunan Pemain:
Inggris (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Mings, Stones, Trippier; Phillips, Rice; Grealish, Mount, Sterling; Kane.
Kroasia (4-2-3-1): Livakovic; Barisic, Caleta-Car, Vida, Vrsaljko; Brozovic, Kovacic; Perisic, Modric, Rebic; Petkovic. (Bolanet/Tirto/R17/a)





Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com