Gubernur: Tim Penilai Kinerja Sedang Evaluasi OPD Pemprov Sumut Tidak Profesional


213 view
Gubernur: Tim Penilai Kinerja Sedang Evaluasi OPD Pemprov Sumut Tidak Profesional
Sumutprov.go.id
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  menegaskan, saat ini tim penilai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sedang bekerja mengevaluasi pimpinan OPD Pemprov Sumut yang dianggap tidak mampu mengemban amanah serta tidak profesional merealisasikan anggaran.
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan, saat ini tim penilai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sedang bekerja mengevaluasi pimpinan OPD Pemprov Sumut yang dianggap tidak mampu mengemban amanah serta tidak profesional merealisasikan anggaran.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumut dalam nota jawabannya atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumut terhadap R-APBD Sumut TA 2022 yang dibacakan Plt Sekdaprov Sumut H Afifi Lubis SH dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Harun Mustafa Nasution, Rabu (17/11) di DPRD Sumut.

"Atas saran dewan terkait pimpinan OPD yang tidak profesional dan berprestasi, khususnya dalam realisasi serta memaksimalkan anggaran agar diganti dengan yang lebih siap, akan menjadi perhatian serius bagi kami," ujar Gubernur.

Apalagi, tambahnya, evaluasi kinerja pimpinan OPD tetap dilakukan secara berkala dan kontinu sekaligus telah memberikan teguran langsung bagi OPD yang kinerjanya kurang optimal dan tentu saja usulan-usulan dewan menjadi bahan pertimbangan kedepannya.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian dewan terhadap kinerja pimpinan OPD dan tetap berharap agar anggota legislatif kritis, sehingga menjadi pendorong untuk meningkatkan kinerja OPD, khususnya dalam melaksanakan sekaligus mewujudkan visi dan misi Pemprov Sumut," tambahnya.

Terkait rencana alokasi penyertaan modal untuk PDAM Tirtanadi sebesar Rp12 miliar dan PT Sarana dan Prasarana Sumut Rp20 miliar di APBD 2022, jelas Gubernur, bahwa kedua BUMD tersebut, selain bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, juga berorientasi untuk memberikan laba usaha yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi bagi PAD.

"Berkaitan dengan pemanfaatan dana mengendap sebesar Rp73 miliar di PDAM Tirtanadi, akan kita dorong pemanfaatannya untuk pengembangan pelayanan dan bisnis, dengan tetap mengharapkan masukan dan saran dari anggota legislatif," jelas Gubernur.

Tindak Tegas
Menyinggung saran dan masukan dewan dalam rangka kekuatan stabilitas Polhukam dan traspormasi pelayanan publik, sehingga perlu ditekankan agar Pemprov Sumut melakukan tindakan tegas terhadap maraknya premanisme yang dapat mengganggu aktivitas perekonomian masyarakat, Gubernur sangat sependapat.

"Pemprov Sumut memiliki visi mewujudkan Sumut yang maju, aman dan bermartabat. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah melalui kerja sama dengan instansi vertikal seperti TNI dan Polri," tambahnya.

Apalagi isu premanisme ini juga menjadi perhatian dari Presiden RI, tandas Gubernur, sehingga dengan kerja sama ini aksi premanisme dapat ditekan untuk mewujudkan rasa aman dalam melaksanakan aktivitas perekonomian masyarakat di Sumut. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com