Gubernur Edy : Jangan Sembarangan Buka Bioskop di Medan

* Harus Ada Ijin dari Satgas Covid-19 Sumut

95 view
Foto Dok/Humas Pemko Medan
Gelar Rapat : Pemko Medan menggelar Rapat Pembahasan Izin Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata Pertunjukan Film Bioskop di Kota Medan di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kamis (19/11).
Medan (SIB)
Pemko Medan berencana akan membuka membuka kembali bioskop yang ada di Kota Medan. Rencana itu diperkuat dengan adanya rapat yang digelar Dinas Pariwisata Pemko Medan di kantor Wali Kota Medan, Kamis (19/11), membahas izin pembukaan bioskop tersebut.

Menanggapi rencana itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengingatkan Pemko Medan agar tidak sembarangan membuka bioskop di masa pandemi Covid-19. Pembukaan bioskop harus mendapat izin dari Satgas Covid-19 Sumut.

Edy mengatakan, saat ini tren angka pasien yang terpapar virus Covid-19, semakin hari kian menurun dan itu harus dipertahankan. "Jadi jangan sembarang buka dulu bioskopnya. Kondisi kita sekarang sudah mulai membaik. Apabila nantinya bioskop tetap dibuka, maka jumlah penderita Covid-19 justru akan bertambah," ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/11) di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman No. 41 Medan.

Menurut dia, jika bioskop dibuka akan sulit mengontrol protokol kesehatan (Prokes). "Kalau nonton bioskop pasti itu sulit dikendalikan. Padahal protokol kesehatan ini lah yang menjadi prioritas untuk menyelesaikan persoalan Covid-19," ujarnya.

Selain melarang pembukaan bioskop, Edy pun berjanji akan membubarkan kegiatan yang mengundang banyak orang yang tidak memperhatikan protokol kesehatan. "Apalagi nanti ada berkumpulnya banyak orang, seperti ada demo, ada kampanye itu tak boleh. Saya pastikan tak boleh. Karena saya aktifkan Satgas ini. Saya tak akan mengizinkan keramaian-keramian yang dilakukan di Sumut," tegasnya.

Gelar Rapat
Sebelumnya, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Rapat Pembahasan Izin Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata Pertunjukan Film Bioskop Kamis (19/11).

Rapat dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setdako Medan Renward Parapat, dihadiri para pelaku usaha bioskop para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Lingkungan Pemko Medan.

Ditambahkan, alasan bioskop sulit dibuka sejak adanya new normal atau yang biasa dikenal Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Medan, karena banyak hal yang menjadi pertimbangan salah satunya ruangan bioskop yang tertutup mengakibatkan tidak adanya ventilasi udara. Hal ini membuat penularan virus Corona di dalam bioskop sangat tinggi.

”Jika surat perizinan dibukanya kembali bioskop sudah dikeluarkan, saya harap pihak bioskop bisa bekerja sama untuk mematuhi aturan-aturan yang sudah ada sehingga dapat membuat penonton merasa nyaman dan safety,” harapnya.

Selanjutnya, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus mengajak seluruh tamu yang hadir dalam rapat tersebut untuk berdiskusi membahas keputusan perizinan dibukanya kembali bioskop di Kota Medan.

“Sebab, hasil keputusan rapat ini nantinya menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya

Di akhir rapat tersebut, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan memaparkan, beberapa hal yang harus diperhatikan jika bioskop kembali dibuka. Semua aturan yang dibuat haruslah mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

“Hal yang pertama yaitu pembelian tiket dan mengisi data secara online, menerapkan physical distancing, pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke dalam bioskop, menggunakan masker 3 lapis sesuai standar World Health Organization (WHO), memiliki batas umur bagi penonton yang berumur 12 tahun ke bawah dan 60 tahun ke atas tidak diizinkan masuk, menyediakan hand sanitizer, setiap pegawai harus menggunakan sarung tangan, pintu masuk dan pintu keluar dibedakan serta membuat ruangan isolasi sementara di luar bioskop,” papar Mardohar. (M11/M15/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com