Besok Pemilihan Ketua PWI Sumut

Gubernur Edy Butuh Peran PWI untuk Kesejahteraan Rakyat

* Farianda Sinik: Persaingan dalam Konferensi PWI Sumut Bukan Permusuhan

168 view
Gubernur Edy Butuh Peran PWI untuk Kesejahteraan Rakyat
Foto kolase
Farianda SinikMuhammad Syahrir
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku mengenal sosok calon Ketua PWI periode 2021-2026 yakni Hermansjah dan Farianda P Sinik. Namun dia menegaskan bahwa butuh pemimpin PWI Sumut yang jelas bukan yang karbitan atau dipaksakan.

Hal itu diungkapkan Edy Rahmayadi saat membuka Konferensi PWI Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kamis (21/10). “Keduanya saya kenal. Tapi saya butuh pemimpin yang jelas, bukan dikarbit atau dipaksakan,” tegasnya.

Untuk itu, Edy Rahmayadi mengimbau 524 anggota PWI Sumut yang menjadi peserta konferensi untuk memilih yang terbaik.

“Silahkan pilih siapa, tanpa ada embel-embel. Saya berharap 524 peserta dengar suara saya. Kalau merasa ragu yang beragama Islam silakan sholat Istiqarah. Bukan anda tanya berapa rupiah yang anda terima,” ujarnya.

Dia mengingatkan, bagaimana pertanggungjawaban seorang pemimpin. “Anda harus mempertanggungjawabkan dunia akhirat, sampai mati anda akan dituntut, apabila ada sesuatu di belakang. Saya berdoa ucapan saya salah. Karena PWI yang mengawali citra Sumut bermartabat,” katanya.

Edy menyebutkan, kepemimpinannya sangat membutuhkan peran PWI. Namun bukan berarti PWI melindungi apa yang dilakukan atau sekadar pencitraan. “Saya tidak butuh itu, saya butuh kerja sama,” ucapnya.

Apalagi lanjutnya, agenda besar tahun 2024 Sumut tuan rumah PON. “Kita butuh ini semua. Karena pesta nasional ada di Sumut. Dan hari Pers Nasional 2023 di Sumut nantinya, saya berharap uji coba untuk PON dalam kesiapan. Untuk itu mari kita bekerjasama dalam rangka menyejahterakan rakyat kita,” harapnya.

Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari dalam sambutannya berharap agar para peserta konferensi PWI Sumut memilih calon pemimpin yang terbaik.

Sebelumnya Ketua PWI Sumut Hermansjah menyampaikan terimakasih kepada gubernur yang memfasilitasi Konferensi PWI Sumut.

Hermansjah menyebutkan, peserta konferensi sebanyak 524 orang. Pelaksanaan Konferensi Tahap I dan Tahap II (Sidang Pleno I dan Sidang Pleno II) yang dilaksanakan secara virtual (zoom meeting) 21 Oktober 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Sidang Pleno III dilaksanakan Sabtu (23/10) secara tatap muka dengan agenda pemilihan Ketua PWI Sumut masa bakti 2021-2026 dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut masa bakti 2021-2026 bertempat di Hotel Garuda Plaza, Jalan Sisingamangaraja Medan.

BUKAN PERMUSUHAN
Sementara itu, Calon Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik saat diwawancarai wartawan SIB melalui whatsapp, Kamis (21/10) malam mengatakan, persaingan dalam Konferensi PWI Sumut adalah pertarungan persaudaraan bukan permusuhan.

Sejak awal Farianda Sinik merasa optimis untuk memimpin PWI Sumut karena niatnya semata mata untuk membesarkan PWI Sumut.

Bahkan untuk mencapai optimisme itu, Farianda Sinik menyadari bahwa untuk membesarkan PWI itu tidak bisa sendiri, melainkan harus dengan kebersamaan.

Yang lebih membuat optimismenya untuk meraih kemenangan ketika Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menjamu makan malam bersama 2 kandidat Ketua PWI Sumut (Hermansjah dan Farianda Putra Sinik).

“Pada pertemuan itu Ketua PWI Pusat menekankan agar seusai konferensi harus mampu untuk duduk bersama demi membesarkan PWI,” ujar Farianda menirukan harapan Atal S Depari.

Farianda juga mengungkapkan bahwa niatnya untuk menjadi Ketua PWI Sumut adalah karena amanah orang tuanya untuk tetap komit membesarkan PWI Sumut.

Hal itu juga dia kemukakan kepada Pemred SIB, GM Immanuel Panggabean, pada pertemuan di Jakarta sebelumnya seraya menyampaikan niatnya maju sebagai Calon Ketua PWI Sumut dan komitmennya atas berbagai masukan yang dia terima dari GM Immanuel.

“Maka setiap bertemu dengan anggota anggota PWI di berbagai kabupaten/kota, saya selalu meminta agar diberi kepercayaan untuk memimpin PWI Sumut sehingga saya bisa menjalankan amanah itu,”ujarnya.

Terkait dengan kemenangan pada pemilihan yang akan dilakukan pada, Sabtu (23/10) besok, Farianda yang juga Ketua SPS Sumatera Utara itu tidak berani sesumbar, tetapi tetap optimis untuk meraih kemenangan karena timnya sudah maksimal untuk mensosialisasikan program yang akan dilaksanakan apabila terpilih.

Salah satu prioritas yang akan dilakukan adalah menempatkan figur-figur yang punya kompetensi di bidangnya sehingga bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan anggota.

KEMBALIKAN MARWAH PWI
Terpisah, calon Ketua DKP PWI Sumut Drs. Muhammad Syahrir MIKom mengharapkan agar DK (Dewan Kehormatan) mampu memberikan edukasi kepada para wartawan agar lebih memahami tugas dan profesinya. Termasuk regulasi atau aturan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi wartawan.

Saat ini wartawan dihadapkan dengan teknologi digitalisasi yang memberi peluang kepada masyarakat umum untuk menyampaikan informasi melalui media sosial layaknya wartawan.

“Jelas informasi yang disampaikan melalui medsos sangat berbeda dengan informasi yang disampaikan wartawan. Perbedaan itu sangat kentara, terutama dari validasi terhadap fakta di lapangan. Medsos mengutamakan kecepatan, tapi informasi wartawan mengutamakan kecermatan. Ini salah satu pembedanya,” ujar Syahrir.

Berkaitan dengan hal tersebut, ia berharap anggota PWI Sumut ke depan mampu mengkombinasikan antara teknologi dan kemampuan jurnalistiknya.

Selain itu, wartawan kedepan harus memahami tetap mengedepankan independensi dan menjaga profesionalismenya sebagai penyampai informasi kepada masyarakat.

“Tugas DKP kedepan sangat berat, apalagi hal ini terkait dengan profesionalisme. Kita harus mampu memberi pembekalan kepada para wartawan, khususnya terkait dengan rambu-rambu pers. Selain itu, juga upaya perlindungan terhadap wartawan dalam menjalankan tugas menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tugas-tugas DKP,” ujar mantan Ketua PWI Sumut itu.

“Kita ingin mengembalikan marwah lembaga PWI Sumut agar semakin diperhitungkan sebagai organisasi wartawan terbesar,” ujarnya. (A13/A06/R5/A2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com