Gubernur Edy Heran Prestasi di PON Papua Turun: Penduduk Kita 15 Juta Orang


122 view
Gubernur Edy Heran Prestasi di PON Papua Turun: Penduduk Kita 15 Juta Orang
(Ahmad Arfah/detikcom)
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku heran karena peringkat pada PON di Papua menurun meski penduduk Sumut 15 juta orang. Edy mengatakan, akan mengevaluasi hal itu.

"Pastinya harus kita evaluasi, kita 15 juta penduduk kita," kata Edy di rumah dinas Gubernur Medan, Kamis (21/10).

Edy mengatakan, ke depan, harus ada kerja sama di antara seluruh kabupaten dan kota untuk meningkatkan prestasi atlet di PON. Apalagi Sumut akan menjadi tuan rumah pada PON yang akan datang.

"Ini harus bekerja sama, mencari bibit bibit kita untuk melakukan PON ke depan," tuturnya.

Edy meminta turunnya prestasi Sumut di PON ini tidak menjadi polemik. Dia mengatakan akan mengevaluasi Ketua KONI agar ke depan prestasi Sumut membaik.

"Kita evaluasi (Ketua KONI), semua kita evaluasi, nanti apa yang harus kita lakukan," jelas Edy.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menilai capaian Sumut dalam PON Papua ini belum maksimal. Untuk itu, dia meminta agar kualitas pelatihan atlet ditingkatkan.

"Dari sisi anggaran apakah sudah memadai atau tidak. Setelah direkrut, bagaimana kemudian pembinaannya, penyediaan pelatih yang berkualifikasi internasional, uji coba ke luar. Kalau perlu, ke negara asal cabor seperti yang dahulu dilakukan wushu Sumut ke China," ujar Baskami.

Baskami mengingatkan Sumut akan menjadi tuan rumah PON. Dia berharap penurunan peringkat di PON tidak terulang kembali.

"Kita akan menjadi tuan rumah di tahun 2024. Kejadian ini tak boleh terulang kembali, harus ada peningkatan signifikan," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam pagelaran PON Papua XX ini, Sumut meraih 10 medali emas, 22 perak, dan 23 perunggu. Prestasi itu menurun dibanding PON 2016 di Bandung, Jawa Barat. Pada PON 2016 di Jawa Barat, kontingen Sumatera Utara menempati peringkat kesembilan dengan raihan 16 emas, 17 perak, dan 33 perunggu. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com