Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Gubernur Edy Janji akan Perbaiki Pasar, Rumah Ibadah dan Sekolah di Taput

* Nikson Nababan: Rehabilitasi Fasum Ditargetkan Rampung Dua Minggu
Redaksi - Selasa, 04 Oktober 2022 09:36 WIB
571 view
Gubernur Edy Janji akan Perbaiki Pasar, Rumah Ibadah dan Sekolah di Taput
(Foto SIB/Dok Anwar Lubis)
TINJAU KEBAKARAN: Bupati Taput Nikson Nababan (kanan depan) berbicang dengan Gubernur Edy Rahmayadi yang didampingi Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin saat meninjau kebakaran Pasar Sar
Tapanuli Utara (SIB)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berjanji bakal memprioritaskan rehabilitasi dan rekonstruksi sarana dan prasarana umum yang rusak dampak gempa tektonik di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.

"Perbaikan akan difokuskan pada sarana prasarana umum yang kebutuhannya sangat mendesak seperti pasar, rumah ibadah dan gedung sekolah agar kegiatan belajar mengajar bisa lancar dan ekonomi berjalan baik," janji Edy saat memberi keterangan pers di posko penanggulangan bencana di halaman Kantor Bupati Taput, Senin, (3/10).

Menurutnya, skala prioritas penanganan gempa di Taput penting dilakukan sebab Taput merupakan daerah rentan bencana gempa bumi.

Bahkan ia berpesan, Pemkab Taput harus punya protap atau prosedur tetap penanganan bencana khususnya gempa bumi sebab prosedur itu sangat penting untuk efektivitas dan efisiensi penanganan bencana," ucapnya.

Kepada masyarakat yang mengalami trauma dampak bencana gempa bumi dia berjanji akan mendatangkan psikolog dari Universitas Sumatera Utara (USU) guna untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat yang mengalami trauma.

Saat bersamaan juga, Gubernur Edy menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Taput Nikson Nababan berupa 1.000 paket sembako dengan jumlah total Rp 133.000.000 juta dan bantuan bahan bangunan dengan jumlah Rp 100.000.000 juta serta bantuan obat-obatan.

Usai pertemuan singkat tersebut, rombongan Gubernur di antaranya, Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Bupati Taput Nikson Nababan dan lainnya meninjau lokasi dampak gempa di Pasar Sarulla yang terbakar tepatnya di Kecamatan Pahae Jae.

REHABILITASI
Sementara itu, Bupati Taput, Nikson Nababan mengatakan, rehabilitasi fasilitas umum seperti jalan dan saluran air bersih yang terdampak gempa ditargetkan rampung sekitar dua minggu setelah kejadian.

"Hingga saat ini kita masih tetap melakukan updating data dampak bencana gempa, baik itu korban jiwa maupun kerusakan berupa fisik," ujar Bupati saat menyampaikan laporan terkait penanganan bencana gempa bumi di hadapan Gubsu Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.

Menurutnya, pihaknya juga sudah menyalurkan beberapa bantuan kepada masyarakat korban yang diupayakan tetap sasaran by name by address.

Ia menambahkan, pihaknya juga bersama TNI-Polri telah mendirikan posko-posko penanggulangan bencana di lokasi bencana untuk meningkatkan penanganan bencana mulai dari tanggap darurat hingga penanggulangan kepada korban termasuk perbaikan sarana dan prasarana yang terdampak.

Usai penyampaian laporan Bupati bersama Gubsu, Kapoldasu, Pangdam I/BB dan lainnya meninjau lokasi Pameran Hari Jadi Taput ke-77 sebagai salah satu penggerak roda perekonomian masyarakat.

Kemudian rombongan langsung menuju ke lokasi dampak gempa di Pasar Sarulla yang terbakar tepatnya di Kecamatan Pahae Jae.

Disana mereka menyapa warga, memberikan semangat spirit agar tidak terlalu cemas karena harta bendanya rusak.[br]






HKBP Lobusingkam
Di lokasi terpisah, Gubernur Edy Rahmayadi juga menyaksikan kondisi Gereja HKBP Lobusingkam yang rusak akibat gempa.

Tiang-tiang beton yang menopang kanopi bertumbangan dan banyak plafon berjatuhan dan berserakan di lantai.

Gereja HKBP Lobusingkam di Desa Lobusingkam, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput) adalah salah satu tempat ibadah yang rusak berat akibat gempa bumi 6,0 SR yang mengguncang Taput, Sabtu (1/10) dini hari lalu.

Sedikitnya tercatat 72 tempat ibadah dan 1.278 unit rumah penduduk, serta fasilitas umum yang rusak akibat gempa tersebut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melihat langsung kerusakan gereja tesebut dalam kunjungannya ke lokasi bencana, Senin (3/10).

Edy Rahmayadi juga berkeliling gereja ditemani Kapolda Sumut, Pangdam I/Bukit Barisan dan Bupati Nikson Nababan.

Usai meninjau dan menyapa ratusan warga Desa Lobusingkam yang hadir Edy Rahmayadi berjanji akan membantu membangun ulang gereja tersebut.

"Saya datang bersama Forkopimda jadi ini akan segera kita bangun, dirobohkan dulu nanti kita bangun kembali, sementara ibadah di luar dulu ya," kata Edy Rahmayadi disambut riuh tepuk tangan warga yang hadir.

Pada kunjungannya di Taput tersebut Gubernur Edy Rahmayadi juga membagi-bagikan sembako secara langsung di beberapa Kantor Kecamatan di antaranya Sipaholon dan Tarutung. (BR6/A13/c)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Chikunguya Merebak di Taput, 12 Orang Terjangkit
Seorang Pekerja di Sawah Tewas Tertimpa Longsor di Desa Sibalanga
Warga Aek Tangga Garoga Siap Ungkap Pengancaman Gunakan Airsoft Gun
Polres Taput Tangkap Tersangka Pelaku Cabul Anak di Bawah Umur
Mobil Fortuner Tabrak Bus Bintang Utara, Sepeda Motor dan Mobil Hilux di Jalinsum Siborongborong - Tarutung
Polres Taput Tangkap Pemilik Senjata Airsoft Gun
komentar
beritaTerbaru